20 September 2019
TIPS MOBIL

Rem Terasa Lengket Sehabis Dicuci, Waspada Kampas Rem Palsu


Momoners sering mengalami rem bermasalah setelah mobil dicuci atau saat berjalan di genangan air. Bahkan sampai harus mencopot ban untuk membersihkannya?

"Sehabis cuci kalau tidak dijalankan lagi paginya remnya lekat dan selalu harus dibersihkan dahulu baru normal. Ban depan dilepas dan harus dibersihkan piringan rem dan ini sangat merepotkan. Apa solusinya?

Menanggapi hal ini, Kepala bengkel Plaza Toyota di Jl. Pemuda Raya 1 No. 6 Pulo Gadung, Jakarta Timur, Parman Suanda menuturkan hal ini bisa saja terjadi karena ada suku cadang yang tidak asli.

"Hal ini ada kemungkinan diakibatkan dari sparepart yang tidak genuine (tidak asli). Karena permasalahan ini sangat jarang dan di bengkel saya tidak pernah menemukannya," tambahnya.

Karena menurut dirinya, kalau ada permasalahan pada rem atau pabrikan. Maka permasalahan ini akan dialami seluruh pemilik Avanza 2012.

"Sehingga jelas kemungkinan ini akibat penggunaan kampas rem yang tidak asli. Karena seperti yang diketahui bersama, bahan material kampas rem yang non Genuine itu kebanyakan asbesnya sedangkan yang asli tidak," ujarnya.

Lalu bagaimana dengan air sabun? Apakah bisa membuat rem menjadi lengket di piringan.

"Kalau dilihat dari sparepartnya sendiri, memang memiliki desain yang terbuka sehingga sangat mudah air ataupun air sabun masuk kedalamnya. Tapi selama penggunaan sparepart genuine ini harusnya tidak ada masalah," ujarnya.

"Karena sparepart genuine itu ada senyawa kimianya yang membuat lengket(meski terkena air sabun). Tapi semuanya bisa saja terjadi karena spaepart tidak asli," ujarnya kembali.

viewed :: 12398
Berita Terkait Lainnya :