23 Februari 2021
TIPS MOBIL

Persiapan Hadapi Macet Saat Liburan Akhir Tahun


Libur telah tiba. Bagi yang berminat melakukan perjalanan menggunakan mobil di liburan akhir tahun, ada baiknya memeriksa beberapa hal. Tujuannya, dapat meminimalisasi halangan saat pelesir sehingga dapat menikmati liburan sesuai rencana.

Menu perjalanan di liburan akhir tahun biasanya menyajikan kondisi jalan yang macet. Baik luar kota maupun dalam kota, terutama dekat lokasi wisata. Nah, ada beberapa kendala yang kerap muncul ketika menghadapi kemacetan. Berikut beberapa langkah antisipasi menurut Faried Hariyanto, Manajer Layanan Purna Jual PT Grandauto Dinamika (GAD), distributor Land Rover dan Jaguar di Indonesia, yang juga instruktur safety driving dan pereli nasional.

1. Cek radiator.
Sebelum melakukan perjalanan jauh, periksa dahulu kondisi radiator. Secara visual bisa dilihat area sekitar tutup radiator. Adakah kebocoran atau rembesan air yang biasanya meninggalkan jejak berwarna kuning. Ingat kembali seberapa sering menambah air cadangan radiator. Jika ada bekas rembesan dan sering mengisi ulang sebaiknya servis radiator. Hal tersebut buat mengantisipasi overheat.

2. Motor kipas.
Overheat juga bisa disebabkan oleh lemahnya putaran kipas motor fan, sehingga proses pendinginan radiator tidak optimal. Kecenderungan diakibatkan kerusakan elektrikal. Ada baiknya memeriksa komponen tersebut di bengkel resmi atau langganan, untuk memastikan motor fan berfungsi dengan baik.

3. Bensin.
Pastikan bensin sudah terisi penuh sebelum memulai perjalanan. "Kita tidak pernah tahu separah apa kondisi kemacetan yang kita hadapi. Bisa saja berlangsung berjam-jam," ujar Faried. Dengan kondisi bensin penuh atau setidaknya tiga perempat, Anda tidak perlu khawatir kehabisan bensin di tengah kemacetan.

4. Bantuan darurat.
Simpan nomor telepon bantuan darurat atau bengkel siaga yang kerap muncul saat libur akhir tahun. Segera hubungi bantuan ketika Anda mengalami kerusakan di perjalanan.


viewed :: 11649

Berita Terkait Lainnya :