14 Januari 2021
TIPS MOTOR

Tips Memilih Jas Hujan Yang Tepat Dan Berkualitas


Pepatah yang mengatakan sedia payung sebelum hujan. Kalimat itu sepertinya berguna untuk pengguna sepeda motor. Di tengah musim hujan sekarang ini, Jas hujan merupakan perangkat wajib bagi pengendara motor. Kalau lupa membawanya, siap-siap saja momoners akan basah kuyup dan masih banyak lagi kerugian yang akan diderita, misalnya telat ke kantor, hp mati kena air hujan dan lain-lain.

Hujan yang turun secara tiba-tiba ketika sedang naik motor tentu sangat merepotkan sang pengendara. Mau berhenti menunggu hujan reda belum tentu bisa dipastikan lamanya, padahal perjalanan masih jauh, belum lagi kalau masih harus dikejar-kejar waktu. Bagi pengendara motor, jas hujan seharusnya menjadi bawaan wajib di motornya. Karena jika terjadi penumpukan motor di bawah jalan layang atau jembatan penyebrangan akibat pengendaranya tidak membawa jas hujan, jelas akan merugikan orang lain.

Adapun beberapa tips yang mungkin berguna bagi momoners dalam memilih jas hujan sebelum terlanjur kita membelinya:

- Bahan
Untuk bahan, pilihlah jas hujan yang terbuat dari PVC atau Parasut. Kelebihan dari jas hujan berbahan PVC adalah tahan air, meski terasa berat karena lebih tebal dan rapat. Jas hujan berbahan Parasut dapat pula menjadi pilihan karena selain lebih ringan saat digunakan, juga dapat menahan air dan memiliki corak warna yang lebih beragam. Jas Hujan Axio dan Jas Hujan Takachi salah satu contoh yang berbahan parasut yang paling banyak diminati saat ini.

- Warna
Pilihlah jas hujan dengan warna yang mencolok, sehingga Anda tetap terlihat walaupun berjalan di malam hari. Biasanya jas hujan memiliki garis berwarna lain yang melintang di bagian badannya yang akan bersinar ketika terkena sorot lampu.

- Model
Pilih model jas hujan setelan, hindari memilih model ponco. Model ponco tidak dijahit rapi, sehingga bagian bawahnya melambai dan mengganggu pandangan pengendara di belakang dan bisa juga ujung jas hujannya tersangkut pada bagian gir. Hindari jas yang tidak menggunakan jahitan ( press only ) karena ketahanannya tidak begitu kuat. ada baiknya kita memilih yang kombinasi antara jahit dan press akan lebih kuat.

- Harga
Memilih yang sesuai dengan kantong kita masing-masing, karena pada umumnya toko menawarkan harga yang bersaing dan bervariasi sesuai dengan ketahanan jas hujan yang berbeda.Salah satu tempat yang menjadi rujukan penjualan jas hujan yang bagus adalah di kawasan Mega Glodok Kemayoran. Di sini, harga jas hujan two-piece merk ternama berkisar dari Rp 250 ribu hingga Rp 475 ribu. Sementara untuk pengendara dengan kantong pas-pasan tetapi ingin memilik jas hujan yang kualitasnya bagus bisa menyambangi Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Di sana banyak tersedia jas hujan dengan berbagai macam merk dengan bahan PVC. Harganya cukup murah, dengan bermodal Rp 75 ribu - Rp 150 ribu, momoners sudah bisa mendapatkan jas hujan dengan kualitas yang baik.

Sebagai tips tambahan, cucilah Jas hujan momoners begitu selesai digunakan atau saat momoners telah sampai di rumah, minimal basuhlah dengan air. Jangan biarkan jas hujan momoners mengering dengan kotoran masih melekat pada permukaannya. Hal ini untuk menjaga jas hujan tetap awet dan bersih.     [w33]

viewed :: 125727

Berita Terkait Lainnya :