15 Maret 2014
TIPS MOTOR

Deteksi Bak Kopling Bocor, Periksa Paking dan Seal


Enggak hanya rumah saja yang bocor, hal yang sama bisa juga terjadi di motor kesayangan Anda. Bocor biasanya terjadi setelah terlihat rembesan oli yang keluar dari bak kopling.

"Ada beberapa hal bisa jadi penyebab dari apa yang terjadi di bak kopling," jelas Rudy dari bengkel 234 di Cinere, Depok. Detailnya, simak yang ini dulu bro.

Ambil contoh pada Kawasaki KLX150S dan ini juga bisa terjadi pada semua motor. Paling awal deteksi kebocorannya adalah akibat paking bak kopling sudah rusak atau sobek. Kerusakan yang terjadi, akibat dari treatment mekanik yang kurang teliti. Biasanya itu terjadi saat hendak melakukan ganti kampas kopling atau per kopling.

Hanya itu saja, bocor akibat kerusakan pada paking? Masih ada yang bisa dijadikan tertuduh, yakni pada bagian sil yang ada di tutup filter oli

"Karena umur pakai sil selah atau yang biasa disebut starter juga punya potensi bikin oli rembes dan berakibat bak oli kotor karena debu yang menempel," kata mekanik yang akrab disapa Lay.

Saat melakukan ganti oli, biasanya perangkat deep stick juga ikutan dibuka. Awas kalau mekaniknya kurang teliti, bisa jadi silnya enggak dipasang lagi.

Akibatnya oli juga bisa rembes keluar melalui celah tipis yang enggak diamankan oleh sil tersebut. Memang di katalog spare-part Kawasaki harganya enggak sampai Rp 5 ribu, tapi jangan sampai diremehkan kalau enggak mau oli rembes dan bikin kotor bak kopling.     ..... (w33)


viewed :: 1389
Berita Terkait Lainnya :