24 Agustus 2019
SHOWROOM MOTOR

Ducati Panigale 1199 S dengan Ban Pacul


Kikuk pertama kali melihat fotonya? Memang seharusnya begitu, karena yang dilakukan Arun Sharma, Manajer Dealer Ducati MotoCorsa di Portland, Amerika Serikat, ini menghebohkan. Darah sportbike yang turun-temurun pada Ducati Panigale 1199S terpaksa diabaikan, karena dipakai off-road selama tiga hari.

Bukan tanpa alasan, penghobi adventure itu tega mengubah takdir Panigale karena dipanasi temannya. "Sebenarnya saya berencana pakai Multistrada. Namun karena di garasi juga ada Panigale lalu di sebelahnya ada ban Continental TKC80 menganggur, teman saya berteriak agar ban itu dipasang pada Panigale," cerita Sharma seperti dikutip team redaksi.

Momen spontan itu lantas ditelan begitu saja. Arun pun mengikuti ide gila tersebut dengan memasang ban pacul yang mengganggur. Ketika sudah jadi dan diberi nama Ducati 1199 Panigale TerraCorsa, kontroversi timbul. Banyak yang mengira susah dan mahal untuk mengubah setelannya, tapi ternyata sama sekali tidak terbukti.

Murah dan Mudah
"Ini lucu, karena ubahan yang saya lakukan sangat gampang dan murah. Dalam hitungan menit, satu set ban pacul tersemat. Tinggal menyesuaikan setelan ECU, suspensi, dan menambah pelindung, Panigale siap off-road," beber Arun.

Untuk mendukung pemasangan ban pacul itu, Arun menyetel ulang suspensi. Garpu diturunkan dari segitiga sepanjang mungkin. Sokbreker dinaikkan mentok. Itu semua agar memperoleh ground clearance yang dibutuhkan saat menjelajah.

Sayang, hasil modifikasi suspensi kurang signifikan, bertambah tak sampai 1 inci. Akhirnya Arun menyetel suspensi selembut mungkin agar bisa menirukan ayunan sepeda motor off-road. Semua peranti elektronik sudah pasti menyulitkan, tapi semua bisa diatasi dengan pemrograman ulang.

Sayang yang asli
Karena pelek asli dirasa sangat cantik, Arun menggantinya dengan milik Ducati 1098. Saat digabung dengan ban pacul, ada beberapa yang harus dilakukan pada sektor kaki, supaya semua bisa masuk tanpa mengganggu kinerja putaran ban. Knalpot Termignoni asli dipertahankan, tapi ditutup dengan pelindung. Semua bagian di bawah juga diberi skid plate untuk menjaga agar benturan tak begitu merusak bodi.

Arun pun berkelana sejauh 1.920 km di kawasan Southeastern Oregon bersama empat kawannya yang menggunakan sepeda motor off-road betulan. Satu pakai Ducati Multistrada, sedangkan tiga lainnya mengandalkan BMW R1200GS. Semua kondisi jalan sudah dilalui, seperti hujan, lumpur, batuan kecil, rumput, hingga jalanan aspal.

"Saya sudah melakukan petualangan gila, di luar kebiasaan para penyuka off-road. Kami di tengah hutan, dengan posisi yang tak diketahui persis, dan jika sesuatu terjadi kami tak punya pilihan. Tapi Panigale berjalan mulus. Ini impresif," kata Arun.

Nih, cuplikan video untuk membuktikan bahwa darah sport Panigale juga bisa menaklukkan trek tanah :


(w33/AS)


viewed :: 14029
Berita Terkait Lainnya :