29 Maret 2020
HEADLINE MOBIL

Hyundai Siapkan Truk Berbahan Bakar Hidrogen Pada 2023


Hyundai Motor mendapat mitra baru untuk mendukung pengembangan kendaraan jenis truk berbahan bakar sel hidrogen. Kerjasama itu dicapai dengan pengelola kawasan pelabuhan Yeosu Gwangyang di provinsi Jeolla, Korea Selatan sebagai lokasi uji coba pertama kendaraan angkutan barang tersebut.

Kerjasama pengembangan teknologi truk hidrogen itu, ditargetkan bisa berjalan mulai 2023 mendatang. Nantinya akan ada dua truk berbahan bakar sel hidrogen yang beroperasi di pelabuhan Yeosu Gwangyang, ditunjang fasilitas stasiun pengisian ulang sel hidrogen dalam kawasan tersebut.

Luas lahan yang disiapkan oleh pihak pelabuhan untuk fasilitas pengisian ulang tersebut mencapai 2.000 meter persegi. Setelah mendatangkan dua unit truk pada tahap awal, Hyundai disebut akan menyuplai tambahan 10 unit kendaraan angkut itu setahun berselang.

Secara teknis, Hyundai menyebut truk berbahan bakar sel hidrogen itu mampu melaju sejauh 320 Km dalam kondisi sel hidrogen terisi penuh. Seperti dilansir laman KoreaTimes, jarak jelajah itu cukup menjangkau pelabuhan lain seperti Gwangyang dan Busan pulang pergi.

Perluasan kerjasama terkait truk berbahan bakar sel hidrogen sudah secara bertahap dilakukan oleh Hyundai. Dimulai dengan perjanjian bersama perusahaan asal Swiss, H2Energy, pada 2018 lalu. Hyundai akan menyediakan truk berbahan bakar hidrogen pada paruh awal tahun ini.

Sumber : otomotif.okezone.com

viewed :: 160
Berita Terkait Lainnya :