26 Maret 2020
GARASI MOBIL

Koenigsegg Luncurkan Mobil Keluarga Terkencang, Bisa Belari Hingga 400 Km Per Jam


Koenigsegg membuat kejutan dengan mengungkap hypercar baru bernama Gemera. Mobil ini merupakan kendaraan empat tempat duduk pertama yang dibangun perusahaan.

"Gemera adalah kategori mobil yang benar-benar baru. Di mana megacar ekstrem bertemu dengan interior yang luas dan kesadaran lingkungan tertinggi. Kami menyebutnya Mega-GT," ujar bos perusahaan Christian von Koenigsegg.


Supercar asal Swedia itu rencananya memperkenalkan Gemera di Geneva Motor Show 2020, namun ajang tersebut dibatalkan akibat kekhawatiran wabah virus korona.

Gemera dibuat sangat nyaman memuat empat penumpang dan barang bawaan di dalam kabin, yang dapat diakses melalui sepasang pintu besar. Mobil ini cocok dinikmati berkendara bersama keluarga.


Jarak sumbu roda Gamera 3 meter (118 inci), memastikan banyak ruang di dalamnya. Mobil ini dilengkapi infotainmen di tengah kursi depan dan belakang, pengisi daya telepon nirkabel depan dan belakang, Apple CarPlay, internet, Wi-Fi, 11 speaker dengan tata suara canggih, kamera eksterior-interior, 4 lampu baca, kontrol zona tiga iklim, serta dua cup holder di setiap kursi penumpang.

Gemera menggendong powertrain plug-in hybrid yang menghasilkan tenaga gabungan 1.700 HP (tenaga kuda) dan torsi 2.581 lb-ft (3.500 Nm). Koenigsegg menggabungkan tidak kurang dari tiga motor listrik dengan mesin 2.0val tiga silinder twinval turbo yang inovatif, bernama Tiny Friendly Giant (TFG).


Mesin tiga silinder Freevalve kecil ini menghasilkan tenaga 600 HP dan torsi 442 lb-ft (600 Nm) sangat mengesankan, dengan 1.100 HP sisanya berasal dari tiga motor listrik - satu untuk setiap roda belakang dan yang ketiga dipasang pada poros mesin.

Koenigsegg mengatakan Gemera merupakan "Mega-GT" tetapi dapat mengungguli beberapa hypercars di trek lurus. Di mana mobil ini mampu berlari 0-62 mph (100 km/jam) dalam waktu hanya 1,9 detik, dan menjanjikan kecepatan maksimal 0-400 km/jam ( 248 mph).


Menurut Koenigsegg, mesin tersebut dapat membakar sumber bahan bakar terbarukan, dari etanol, metanol netral-CO2, E85 atau dalam "skenario terburuk" bensin normal, menjadikannya sama netral-CO2 dengan mobil listrik murni. Ketiga motor listrik mampu menggerakkan Gemera hingga 186 mph (300 km/jam), sementara EV (listrik) murni diperkirakan mencapai 31 mil (50 km).

Koenigsegg berencana memproduksi Gemera dalam jumlah terbatas hanya 300 unit dengan harga diperkirakan 1 juta dolar AS atau sekitar Rp14 Miliar. Ini menjadi mobil keluarga paling keren.


Sumber : www.inews.id

viewed :: 1132

Berita Terkait Lainnya :