10 November 2018
SHOWROOM MOBIL

Modif Mini Cooper Car Theater : Jadi Bioskop Berjalan


Meskipun masih muda, tidak mengurungkan niat Lizen utuk menekuni hobinya dalam dunia car audio. Hal itu diaplikasikan dengan membangun sistem audio berkonsep car theater pada MINI Cooper miliknya yang dijejali dengan perangkat yang seluruhnya Pioneer.

Alhasil, MINI Cooper-nya ini diboyong ke workshop Varia Club untuk dilakukan modifikasi dengan konsep yang diinginkan. "Anak muda, tapi bisa menikmati film yang nyaman di mobil layaknya di bioskop ternama. Jadi saya jembatani dengan konsep 5.1 yang lebih umum dikenal dengan car theater," buka Acong selaku eksekutor.

Pertahankan Orisinalitas Interior
Pertama-tama, MINI Cooper milik Lizen ini dibenamkan beberapa speaker agar tercipta konsep car theater. Namun tidak ekstrim agar tetap mempertahankan orisinalitas Interior mobil. Misalnya speaker Pioneer depan untuk dudukan tweeter depan di-custom, dan midbassnya tetap diposisikan pada pintu.

"Memang saya pertahankan bentuk orisinilnya, kayak dudukan tweeter di-custom yang simple tapi tetap rigid. Untuk midbass, sebelum ditempatkan di pintu, saya bubuhi dulu dengan peredam sebanyak 1 lapis, sehingga menjadi kokoh dan mengurangi kebocoran suara dari panel pintu yang banyak rongga udara. Dampaknya, suara vocal bisa terdengar jelas dan tegas," tukasnya.

Lalu untuk menghadirkan suasana bioskop di MINI Cooper berkelir merah ini, sang installer menyematkan center speaker Pioneer di dashboard, juga speaker Pioneer di belakang yang juga tetap di tempat orisinilnya. "Jadi efek surround dan 3 dimensi bisa didapat saat nonton film," ungkap Acong.

Suara bass haruslah sepadan. Uniknya, meski MINI Cooper memiliki ruang yang sempit di bagasi, tidak mengurungkan niat installer untuk menyematkan 2 unit subwoofer Pioneer. "Saya akali dengan penggunaan boks sealed, jadi tidak membutuhkan volume yang besar. Masing-masing boksnya 1 liter, dan di dalamnya dipadati dengan glasswool. Jadi suara bass terdengar empuk," imbuh Acong.

Sementara untuk suplay daya, installer mengandalkan 2 unit power Pioneer. "Satu power 4-channel untuk speaker depan dan belakang, 1 lagi power monoblock untuk subwoofer. Kalo center speaker disuplay dari power internal di processor Pioneer. Agar suplay daya tetap stabil, saya tambahkan capasitor bank," jelas Acong.

Suara Rapih Berkat Processor Eksternal
Untuk merapihkan suara, Acong juga mengandalkan processor eksternal dari Pioneer yang terhubung dengan kabel optik. "Kabel optik ini memang sangat mempengaruhi suara, jadi nyaman didengarnya deh. Sedangkan processor eksternal membantu menata panggung maupun akurasi suara yang tepat dari fitur time correction dan equalizer," paparnya.

Andalkan Gadged Head Unit
Nah, sebagai sentralitas suara, digunakan Pioneer AVH-X8550BT yang sudah memiliki segudang fitur multimedia. "Head unit ini bisa terkoneksi dengan gadged, jadi untuk memutar film maupun lagu bisa langsung dari smartphone, meskipun fitur USB dan CD juga dapat digunakan. Canggih kan?" tutupnya.

Spek Audio MINI Cooper
Head Unit : Pioneer AVH-X8550BT
Processor : Pioneer DEQ-P7650
Optic Cable : Pioneer CDD-25
Speaker : Pioneer TS-D1720 (front), Pioneer TS-G1685 (rear), Pioneer TS-CX900 (center)
Subwoofer : Pioneer
Power : Pioneer GM-D9604 (speaker), Pioneer GM-D9601 (subwoofer)     ..... (w33)

viewed :: 15088
Berita Terkait Lainnya :