14 Februari 2020
HEADLINE MOBIL

BMW Tunda Pengembangan Mobil MINI


BMW menunda pengembangan mobil MINI generasi terbaru, salah satunya akibat keputusan Inggris keluar dari Uni Eropa (Brexit). Ketidakpastian hubungan perdagangan Inggris dan Uni Eropa membuat investasi jangka panjang perusahaan lebih sulit.

BMW telah mengembangkan tiga generasi MINI sejak membeli merek Inggris itu dari Rover Group pada 1994. Di mana model MINI yang dipasarkan sejak 2014 dibangun di atas platform teknologi UKL1.

"Umur platform ini telah diperpanjang karena alasan biaya dan Brexit," ujar juru bicara BMW Maximilian Schoeberl, seperti dilansir Reuters.

Tekanan telah meningkat terhadap produsen mobil dengan memikul investasi lebih besar dalam membangun kendaraan listrik, hiybrid dan kendaraan rendah emisi generasi berikutnya.

City car bermesin bahan bakar (ICE) telah menderita karena pelanggan mulai bermigrasi ke kendaraan utilitas sport lebih besar dan peraturan ketat emisi yang memaksa perusahaan mengembangkan sistem pembuangan kendaraan lebih mahal. Bahkan, aturan anti-polusi dan tekanan biaya telah memaksa Opel dan Vauxhall menghentikan penjualan model Adam dan Karl.

Adapun penjualan MINI pada 2019 turun 4,1 persen menjadi 346.639 unit. Mengatasi itu, BMW akan mencari penghematan biaya dan efisiensi sebesar 12 miliar euro (13,3 miliar dolar AS) pada akhir 2022.

MINI saat ini dibangun di Oxford dan Born, Belanda, dan setiap mobil generasi berikutnya akan memerlukan investasi ke jalur produksi di kedua pabrik. Melihat situasi saat ini, BMW tidak akan berinvestasi dalam skala besar sampai ada kepastian negosiasi perdagangan antara Inggris dan Uni Eropa.

"Jika tarif berada di kisaran nol dan 5 persen, kasus bisnis tidak akan berubah secara dramatis," kata Chief Executive BMW Oliver Zipse, merujuk pada status Oxford sebagai pusat produksi dan ekspor MINI.

Tetapi tarif ekspor yang lebih tinggi ke dan dari Inggris memaksa BMW mempertimbangkan mengalihkan lebih banyak produksi ke Belanda.

BMW memproduksi 211.660 unit mobil di Belanda pada 2018, meningkat 39 persen dari 2017. BMW menggunakan produsen kontrak VDL Nedcar untuk membangun BMW X1, MINI hatch, MINI convertible dan MINI Countryman di di Belanda.

Sumber : www.inews.id

viewed :: 129
Berita Terkait Lainnya :