14 Februari 2020
HEADLINE MOTOR

Cara Membedakan Shockbreaker Tabung Asli Dan Palsu


Shockbreaker menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan, terutama sepeda motor. Namun, masih banyak oknum pedagang nakal yang menjual shockbreaker sepeda motor palsu.

Lalu, bagaimana cara membedakan shockbreaker sepeda motor asli dengan palsu, khususnya shockbreaker tabung?

Owner aftersales Scarlet Racing, Suwandi mengatakan, perbedaan shockbreaker tabung asli dan palsu bisa diketahui dari titik lasnya. Umumnya, shockbreaker tabung asli yang baru tak memiliki bekas pengelasan di bagian dinding.

"Kalau shockbreaker tabung asli biasanya tidak ditemukan bekas las-lasan di dinding. Tapi, ada juga beberapa merek shockbreaker tabung asli yang punya bekas pengelasan," kata Suwandi di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Suwandi menyebutkan, untuk memastikan kembali apakah shockbreaker tabung tersebut asli atau palsu, bisa dilihat dari tekstur pengelasannya. Jika bekas pengelasannya halus, berarti shockbreaker tabung itu asli.

"Kemudian cek harganya. Kalau terlalu murah bisa jadi itu palsu. Karena harga shockbreaker asli cukup mahal," katanya.

Apabila pengemudi sepeda motor menggunakan shockbreaker tabung palsu karena tergiur harga murah, cara kerjanya tidak maksimal seperti shockbreaker asli. Fungsinya juga tak akan banyak membantu berkendara.

Sumber : www.inews.id

viewed :: 186
Berita Terkait Lainnya :