04 Desember 2019
SPORTS MOBIL

Gordon Murray Mengevaluasi Entri Hypercar WEC Baru


Desainer legendaris Formula 1 Gordon Murray sedang mengevaluasi entri ke kelas hypercar World Endurance Championship FIA dengan sportscar T.50 terbarunya.

Mantan guru teknik Brabham dan McLaren ini mengungkapkan bahwa Gordon Murray Automotive, perusahaan yang didirikan untuk memproduksi T.50 2 juta Poundsterling, telah bertemu dengan promotor WEC dan penyelenggara Le Mans 24 Jam, Automobile Club de l'Ouest dan FIA .

Murray juga menjelaskan bahwa perusahaan telah menerima minat dari pelanggan yang ingin membalap sebuah mobil yang ditagih sebagai penerus spiritual McLaren F1-nya, yang dalam bentuk GTR memenangkan Le Mans pada 1995.

"Orang-orang yang menjalankan seri sangat tertarik untuk membawa kami kembali setelah sejarah kami di Le Mans dengan F1 GTR - saya berbicara dengan ACO dan FIA pada Februari tahun ini," kata Murray kepada Motosport.com.

"Selanjutnya kami memiliki beberapa pelanggan yang sangat tertarik untuk membalap mobil. Kami semua pebalap di sini, jadi kami juga sangat tertarik untuk membalapnya. Itu ada dalam DNA kami.

"Kami akan segera mengumumkan hubungan dengan tim F1 untuk penggunaan terowongan angin dalam pengembangan T.50, jadi kami sudah selangkah lebih dekat dengan balap."

Murray menekankan bahwa tidak ada keputusan yang dibuat tentang balap T.50 dan mengungkapkan bahwa ia berencana untuk bertemu dengan bos balap GT Stephane Ratel sehingga ia dapat "memahami apa yang dipikirkan umum tentang arah balap sportscar".

Pengiriman 100 mobil jalan T.50, yang akan ditenagai oleh V12 empat liter yang dibuat oleh Cosworth, akan berlangsung hingga 2022, tetapi Murray tidak mengesampingkan memiliki pebalap hypercar keluar di trek sebelumnya.

Ini akan diizinkan di bawah aturan hypercar, yang menyebut proses produksi minimum 20 mobil diselesaikan dalam waktu dua tahun sejak mobil memulai balap.

"Jika kita melakukannya, itu akan dilakukan oleh tim terpisah dan dilakukan secara paralel dengan mobil jalan, dan kita sudah punya unit untuk melakukan operasi kendaraan khusus."

Murray mengakui bahwa aerodinamika aktif dari mobil jalan T.50 yang terdiri dari kipas listrik enam mode hampir pasti tidak akan diizinkan pada versi balap.

"Saya tidak berpikir mereka akan membiarkan kita menggunakan kipas angin; saya tidak berpikir saya akan lolos dengan itu lagi," katanya mengacu pada 'mobil mobil' F1 Brabham-Alfa Romeo BT46B 1978 miliknya.

Murray juga menyatakan keberatan tentang berat minimum 1100kg untuk kelas hypercar.

Mobil jalan T.50 akan berbobot 980kg, sedangkan versi lintasan hari dimana 25 contoh akan dibangun adalah karena mencapai skala di 890kg.

"Versi balap T.50 mungkin akan keluar sekitar 900kg, jadi lari dalam pemberat beberapa ratus kilogram tidak menarik," katanya.

"Tetapi karena aturan baru didasarkan pada keseimbangan kinerja, semoga akan ada beberapa cara bagi kita untuk berlari lebih ringan tetapi dengan daya yang lebih kecil."

Murray menjelaskan bahwa ia juga tertarik pada seri one-make untuk T.50.

"Jika ternyata kami tidak benar-benar cocok dengan kelas hypercar atau kategori lainnya, kami memiliki opsi seri satu kali pakai dengan mobil day track kami," katanya.

"Bayangkan kisi-kisi 20 mobil berevolusi menjadi 12.000 rpm - itu akan menyenangkan."

GMA didirikan sebagai perusahaan saudara dari Gordon Murray Design pada tahun 2017 dengan niat membangun supercar baru dalam semangat McLaren F1.

T.50 sebelumnya diluncurkan pada bulan Juni tahun ini pada pembukaan spesifikasi mobil dan pembukaan buku pesanan.

Gaya dan aerodinamis mobil akan segera ditandatangani setelah desain detail akan dimulai.

GMA bermaksud untuk memiliki mobil pengembangan pertama berjalan musim panas mendatang dalam waktu selama 18 bulan pengujian sebelum pengiriman pertama mobil jalan.

Sumber : www.motorsport.com

viewed :: 137
Berita Terkait Lainnya :