24 Juni 2020
SHOWROOM MOBIL

Nissan Juke RX 2012, Tambah Doping Tembus 160 DK


Setelah berganti STNK dari Toyota Rush ke Nissan Juke RX 2012, Yohan Gunawan tetap menyalurkan hobinya untuk memodifikasi. Namun kali ini beda aliran, kalau Rush berkonsep VIP dan elegan, di Juke barunya diambil tema street racing. "Soalnya masih fresh dan unik, jadi terpikir untuk dimodifikasi," jelasnya sohib lama ini

Selain mendandani tampilannya, Yohan juga punya prioritas utama mendongkrak tenaga lewat dorongan turbocharger. Inspirasinya dari Juke versi Eropa berkapasitas 1.600 cc yang sudah dilengkapi turbo. Namun, karena di pasaran aftermarket Tanah Air masih sulit diperoleh, langkah custom pun ditempuh.

Berdasarkan berbagai referensi, sebongkah rumah keong berlabel Garret TD04 dipilih. "Piping juga custom semuanya karena memang belum ada yang bolt-on," ujar ketua komunitas Option Jakarta ini menyebut ukuran pipa memakai 2,5 inci.

Langkah serupa juga dilakukan pada penggantian header konfigurasi 4-2-1 dan pemipaan gas buang custom racikan bengkel Undercontrol. Kecuali penggunaan double muffler HKS Hi-Power di akhir yang turut mendongkrak tenaga cukup signifikan.

Dengan racikan macam ini, keluaran tenaga yang dihasilkan sanggup meletupkan tenaga hingga 162.8 dk dari aslinya yang hanya 104 dk setelah di-dynotest. Padahal boost turbo baru dibatasi 0,48 bar. Apalagi bobot mobil yang naik akibat penambahan berbagai komponen audio di bagasi dan pelek berdimensi gambot.

Namun diakuinya pencapaian tersebut belum sempurna. "Mesin belum optimal, ada sedikit kekurangan, masih akan ada beberapa perubahan lagi," ujarnya tanpa merinci kekurangan yang dimaksud. Yang jelas dirinya mengakui bahwa tidak ada gejala turbo lag dikarenakan asupan turbo yang diterima mesin sudah sangat pas.

"Tarikannya benar-benar beda, dari (putaran) middle ke atas dapat semua," akunya. Atas segenap jerih payahnya ini, berhasil meraih penghargaan King Juke dan Best Nissan dari salah satu kontes modifikasi di Jakarta beberapa waktu lalu.     ..... (w33)

viewed :: 13192
Berita Terkait Lainnya :