09 Oktober 2019
HEADLINE MOBIL

Fuel Pump Bermasalah, Vietnam Recall 14 Ribu Xpander Asal Indonesia


Imbas permasalahan yang dimunculkan Mitsubishi Xpander model ekspor berlanjut ke negara tujuan distribusi lainnya. Setelah Filipina, kini giliran Vietnam yang langsung melakukan ‘action’ dengan me-recall lebih dari 14 ribu unit small MPV produksi pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).

Seperti dilansir dari laman vnexpress.net, Mitsubishi Motors Vietnam (MMV) melakukan penarikan kembali Xpander produksi 14 Agustus 2018 hingga 26 Agustus 2019 sebanyak 14.051 unit.

Recall ini dilakukan untuk memperbaiki masalah di fuel pump atau pompa bahan bakar, persis yang juga dialami para pemilik Xpander yang ada di Filipina.

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) menyebutkan bahwa terdapat kesalahan pada komponen impeller (baling-baling) plastik yang berada di dalam pompa bahan bakar yang mengakibatkan impeller mengembang, sehingga bisa menghentikan pompa bahan bakar berputar.

Dampaknya, mesin dapat berhenti secara mendadak atau bahkan gagal untuk dihidupkan kembali (fail to start). MMV telah melakukan pemanggilan unit-unit yang terdampak recall tersebut sejak berita ini mulai terendus oleh media.


Dijadwalkan program recall ini akan berlangsung hingga 30 September 2021, dan MMV akan mengganti komponen fuel pump itu di semua unit yang terkena recall pada dealer resmi Mitsubishi secara gratis.

Disebutkan proses penggantian komponen ini akan memakan waktu sekitar 72 menit. Sementara untuk unit Xpander yang diproduksi setelah periode tersebut dinyatakan aman, sebab telah menggunakan fuel pump yang baru.

Berdasarkan data yang dirilis Vietnam Automobile Manufacturers Association, selama periode Januari-Agustus 2019, Mitsubishi telah menjual sebanyak 16.386 unit dengan penguasaan pangsa pasar 8,5%. Sedangkan Xpander berhasil terjual 9.904 unit.

According to figures from the Vietnam Automobile Manufacturers Association, Mitsubishi sold 16,386 vehicles in the first eight months this year for an 8.5 percent market share, including 9,904 Xpanders.

Direncanakan juga program recall ini bakal dilakukan pada Xpander di Thailand dan Filipina. 

Sumber : dapurpacu.id

viewed :: 136
Berita Terkait Lainnya :