16 September 2019
HEADLINE MOBIL

Tahun 2021, Mobil Dinas Pemerintah Gunakan Mobil Listrik


Pemerintah berencana menjadikan mobil atau motor listrik sebagai kendaraan dinas pada 2021. Rencana ini dicanangkan bukan hanya untuk para aparatur sipil negara saja, tapi juga untuk para menteri kabinet.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, untuk saat ini Pemerintah masih belum mengetahui apakah rencana penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas dapat direalisasikan dalam waktu dekat.

"Itu nanti mesti dicek. Karena kita sendiri belum tahu (pakai kendaraan listrik)," kata dia Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta.

Namun, pada 2021, Airlangga menyebutkan, Pemerintah akan mulai mengarahkan pengadaan kendaraan dinas ke kendaraan listrik. Rencana ini disesuaikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021.

Bukan hanya mobil, Pemerintah juga akan membeli motor listrik untuk kendaraan dinas nantinya. "Nanti 2021 kita arahkan pembelian kendaraan Pemerintah, termasuk sepeda motor itu ada basis listrik," katanya.

Di tempat yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, rencana pengadaan mobil setingkat menteri merupakan ranah dari Sekretariat Negara. Dengan demikian, perlu ada bahasan lebih lanjut untuk merealisasikan rencana ini.

"Kalau penggunaan untuk kementerian bukan domainnya kita. Kendaraan listrik domain-nya Setneg," ucapnya.

Sumber : www.inews.id

viewed :: 142
Berita Terkait Lainnya :