22 September 2020
TIPS MOBIL

Mesin Takut Rusak Karena Salah Isi Bahan Bakar, Ini Tipsnya


Untuk momoners yang terlanjur salah mengisi bahan bakar minyak (BBM) dari bensin diisi solar dan sebaliknya, tidak perlu khawatir. Sebab, masih ada solusinya, mobil momoners masih bisa diselamatkan.

Lalu bagaimana cara penanganannya? Kepala sekaligus pemilik bengkel GT Motors Auto Servis, Gatot Hira Wilasa menjelaskan ada cara yang sederhana untuk mengatasi hal itu. Paling mudah dan cukup ampuh adalah mengurasi tangki atau membersihkan injektor.

"Kalau mobil berbahan bakar bensin masih bisa dibersihkan injektornya dan tangkinya dikuras hingga bersih lalu diisikan lagi bahan bakar yang sesungguhnya," ungkapnya.

Begitu juga untuk mobil berbahan bakar solar yang harus dibersihkan injektor dan tangki bahan bakar. Hanya saja proses pengerjaannya sedikit lebih rumit mobil berbahan bakar solar.

"Sebenarnya sama saja, tapi bahannya kalau solar itu ada kandungan olinya jadi perlu ketelitian dalam proses pembersihannya," timpal pria yang akrab disapa Om GT.

"Kalau bisa tangkinya juga dikuras agar semuanya bersih seperti semula. Tapi kalau tidak dalam proses pembersihan komponen yang lain harus lebih detail, karena pada dasarnya kalau mobil diesel itu tidak boleh terkena bensin. Ron-nya terlalu tinggi," Tutupnya.

Jadi momoners yang memiliki kendala seperti pembahasan kali ini, jangan pusing lagi. Segera ikuti petunjuk yang tertera, disarankan bila momoners tidak lihai dalam bongkar-membongkar, serahkan pekerjaan ini pada rekanan bengkel atau montir momoners.  [w33]

viewed :: 15717

Berita Terkait Lainnya :