13 Juli 2019
SPORTS MOBIL

Bos Ferrari Kecewa F1 Tak Ganti Spesifikasi Ban


Team principal Ferrari, Mattia Binotto, merasa kecewa tim-tim rival tidak mendukung usulan untuk membawa kembali spesifikasi ban Pirelli 2018.

Harapan Charles Leclerc untuk mencetak kemenangan pertamanya di F1, dan yang pertama di musim ini bagi Ferrari, digagalkan oleh penampilan brilian Max Verstappen, lewat duel epik pada penghujung GP Austria pekan lalu.

Hasil balapan di Red Bull Ring juga mengakhiri rentetan delapan kemenangan beruntun yang ditorehkan Mercedes sejak awal musim 2019.

Skuat Panah Perak itu sering disebut sebagai satu-satunya tim yang benar-benar memahami cara kerja spesifikasi ban tahun ini.

Binotto menjadi salah satu yang vokal mendukung usulan untuk membawa kembali ban Pirelli 2018. Menurutnya, banyak tim, termasuk timnya Ferrari, yang kesulitan mengoptimalkan ban tahun ini dan akibatnya Mercedes mampu mendominasi.

Berdasarkan regulasi F1, usulan perubahan spesifikasi di tengah musim membutuhkan persetujuan dari tujuh tim.

Tetapi setelah proses voting hasilnya adalah 50:50 dengan Ferrari, Red Bull, Alfa Romeo, Haas, Toro Rosso, menyatakan mendukung, sedangkan Mercedes, McLaren, Williams, Racing Point, dan Renault menolak.

"Hari ini kita disuguhkan pertarungan yang seru. Biasanya kita bisa mendapat pertarungan yang seru jika tidak ada mobil yang tampil begitu dominan," kata Binotto usai balapan.

"Menurut saya kita kehilangan kesempatan dengan keputusan ban. Saya pikir kita seharusnya melakukan sesuatu.

"Terkadang kita sering mendiskusikannya tapi tidak mengambil tindakan apa-apa. Jadi saya merasa sangat kecewa bahwa kita tidak mengubah spesifikasi ban untuk sisa musim ini.

"Padahal itu bisa menjadi peluang yang luar biasa untuk merapatkan persaingan."

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1111
Berita Terkait Lainnya :