17 Juli 2019
HEADLINE MOBIL

VW Dan Ford Hampir Capai Kesepakatan Kerja Sama Bangun Mobil Otonom


Volkswagen (VW) dan Ford hampir mencapai kesepakatan kerja sama dalam pengembangan mobil listrik dan self-driving (otonom). Hal tersebut disampaikan Executive VW Herbert Diess di hadapan sekitar 500 manajer dari seluruh dunia dalam pertemuan di kantor pusatnya Kota Wolfsburg, Jerman.

Volkswagen dan produsen mobil terbesar kedua di Amerika Serikat (AS) itu menandatangani perjanjian pada Maret lalu, untuk mengembangkan truk pikap. Mereka juga menggelar pembicaraan dalam memperluas aliansi dengan memasukkan layanan otonom dan mobilitas. Di mana Ford akan menggunakan platform kendaraan listrik milik VW MEB.

"Pembicaraan itu berjalan dengan baik dan hampir selesai," ujar Herbert Diess, seperti dilansir dari Reuters.

Volkswagen memandang hubungannya dengan Ford secara strategis penting untuk membantu menyeimbangkan kepentingan regional. “Hari ini kami secara de facto adalah perusahaan yang sangat berorientasi pada China. Untuk itu, kita perlu penyeimbang di AS,” kata Diess.

Sementara itu, Ford mengatakan, perundingan sedang berlangsung dan itu akan membagikan pembaruan ketika rincian tegas. "Diskusi telah produktif di sejumlah bidang," kata juru bicara Ford dalam emailnya.

Awal pekan ini, Volkswagen mengatakan telah mengakhiri kemitraannya dengan perusahaan perangkat lunak self-driving Aurora. Pembubaran kemitraan terjadi setelah Aurora mengatakan akan membangun platform otonom untuk kendaraan komersial dengan Fiat Chrysler Automobiles (FCA).

Di sisi lain, anak perusahaan yang dimiliki mayoritas Ford, Argo AI sedang membangun sistem "pengemudi" otomatis yang dapat bersaing dengan teknologi Aurora.

Sumber : www.inews.id

viewed :: 1117
Berita Terkait Lainnya :