12 Juli 2019
SPORTS MOBIL

Blancpain Fuji: Mercedes Menang, Rio-David Nyaris Podium


Duet T2 Motorsports: Rio Haryanto dan David Tjiptobiantoro, nyaris finis podium kelas GT3 Pro/Am pada Race 1 Blancpain GT World Challenge Asia di sirkuit Fuji, Jepang, yang dimenangi duo Mercedes #97.

Cuaca mendung dan sedikit gelap menyelimuti sirkuit Fuji pada Race 1.

Polesitter Tanart Sathienthirakul (Absolute Racing Porsche #911) terlalu bersemangat saat menuju tikungan pertama dan akibatnya ia sedikit melebar, membuka pintu bagi Roelof Bruins (Indigo Racing Mercedes-AMG #97) untuk mengambil alih pimpinan.

Menjelang pertengahan balapan, Sathienthirakul berhasil melewati Bruins untuk merebut kembali posisi terdepan.

Tetapi dengan 'penalti sukses' dari balapan sebelumnya yang berarti penambahan waktu pit stop bagi #911, posisi pertama kembali berpindah ke tangan mobil #97, kini dikendarai Manuel Metzger asal Jerman.

Sementara David dengan mobil T2 Motorsports Ferrari 488 #75 melakukan start yang bersih dari grid ke-13 dan mampu menanjak tiga tempat, memanfaatkan insiden yang terjadi di depannya. 

Beberapa lap berikutnya, David terlibat pertarungan dengan Alex Au (Vincenzo Sospiri Racing Lamborghini Huracan #666) untuk memperebutkan posisi ke-10 atau podium ketiga kelas GT3 Pro/Am.

Setelah pit stop wajib, David menyerahkan kursi #75 kepada Rio. Ketika kembali bergabung ke lintasan, eks pebalap F1 itu berusaha memangkas gap enam detik dari mobil #666 yang kini diawaki Frederik Schandorff.

Namun, alih-alih bersaing dengan Schandorff, Rio justru harus mewaspadai ancaman dari pebalap Malaysia, Jazeman Jaafar (Triple Eight Mercedes AMG #888) yang mulai mendekat di belakangnya dan mencetak fastest lap.

Jarak yang semula berada di kisaran sembilan detik mampu dipangkas menjadi kurang dari satu detik saja di putaran terakhir oleh Jaafar.

Tetapi Rio akhirnya bisa bernapas lega karena masih bisa finis ke-10 atau P4 kelas Pro/Am, tepat di depan Jaafar meski dengan selisih tipis 0,339 detik,

Adapun Metzger menjaga #97 tetap di posisi terdepan ketika menyentuh garis finis dengan keunggulan setengah detik di depan Martin Rump (Absolute Racing Audi R8 LMS #12) dan kemudian Yuya Sakamoto (HubAuto Corsa Ferrari 488 #27) di tempat ketiga.

Sementara itu, kelas GT4 menjadi milik David Pun (Craft-Bamboo Mercedes #77) setelah berhasil mengalahkan pebalap lokal, Sunako Jukuchou (BMW Team Studie #81). Wakil Indonesia, Setiawan Santoso membawa mobil Mercedes #111 finis di podium terakhir.

Hasil Race 1:

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1109
Berita Terkait Lainnya :