12 Juli 2019
SPORTS MOBIL

Mobil Listrik VW Pecahkan Rekor 20 Tahun Goodwood


Volkswagen ID.R berhasil mematahkan rekor waktu hillclimb Goodwood Festival of Speed milik Nick Heidfeld saat mengendarai mobil Formula 1 McLaren pada 1999.

Tahun lalu di event yang sama, mobil ID.R – diawaki juara Le Mans 24 Jam Romain Dumas, berhasil memecahkan rekor untuk kategori mobil listrik, tetapi masih kalah cepat 1,45 detik dari capaian Heidfeld dengan mobil MP4/13.

Dalam upaya pemecahan rekor keseluruhan, direktur teknis VW, Francois-Xavier Demaison, mengungkapkan bahwa kali ini ID.R telah "dioptimalkan untuk sprint".

Alhasil, ID.R mengalami penurunan bobot dengan jumlah baterai yang lebih sedikit, dan digeber di sirkuit hillclimb Goodwood dengan kompon lunak dari Bridgestone.

ID.R membukukan waktu 41,18 detik untuk mengalahkan rekor 41,6 detik yang sebelumnya dipegang Heidfeld dan McLaren.

"Kami mengalami peningkatan yang pesat dibandingkan tahun lalu. Jadi pastinya ini adalah hasil yang positif, karena kami telah bekerja keras," ujar Dumas. "Yang pasti ini juga menyenangkan.

"Saya sempat sedikit stres karena kondisi cuaca, jadi kami mencoba maksimal hari ini. Tapi mudah-mudahan besok kami bisa sedikit lebih cepat lagi."

Kepada Motorsport.com, direktur motorsport VW, Sven Smeets, mengaku tak menyangka timnya bisa memecahkan rekor pada Jumat atau hari kedua gelaran Goodwood FOS.

"Tetapi ini lebih baik," tambahnya. "Saya justru tidak ingin itu terjadi di percobaan terakhir [pada hari Minggu]. Karena, jika ada masalah, bagaimana?

"Sekarang kami bisa menghadapi sesi besok dan Minggu dengan perasaan yang berbeda. Masih ada beberapa hal yang bisa kami tingkatkan untuk bisa menembus kisaran di bawah 41 detik. Jadi kami telah menetapkan target baru.

"Event hillclimb ini dilakukan di permukaan yang cukup rata, tidak terlalu bergelombang. Jadi kita bisa berkompetisi layaknya mobil balap. Jadi mobil ini tidak seberat seperti waktu di Pikes Peak."

Sebelum mengikuti event Goodwood untuk yang kali kedua, ID.R juga telah mencatat rekor di Pikes Peak dan Nurburgring.

Pemecahan rekor Dumas terasa lebih istimewa karena bisa langsung dirayakan bersama Heidfeld, yang sebelumnya melaju dengan mobil Formula E Mahindra.

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 193
Berita Terkait Lainnya :