13 Juli 2019
HEADLINE MOBIL

6 Pabrik Senilai Rp1,4 Triliun Mulai Dibangun Di Karawang New Industry City


Karawang New Industry City (KNIC), kawasan industri yang baru di Karawang, Jawa Barat telah menarik investasi sekitar 100 juta dolar AS setara Rp1,4 triliun. Investasi itu berasal dari enam perusahaan.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengapresiasi China Fortune Land Development (CFLD) International selaku pengelola KNIC. Perusahaan tersebut telah menggelontorkan dana 300 juta dolar AS untuk membangun KNIC.

"Kami mengapresiasi pembangunan KNIC ini, terlebih lagi sebagai kawasan industri yang diarahkan menuju kawasan industri 4.0," kata Menperin, lewat keterangan tertulis.

Enam perusahaan yang melakukan peletakan batu pertama secara bersama itu yaitu PT Wonderful Food International PT Wook Global Technology (China), dan PT Ruiyuan Karawang Industrial Innovation and Development. Seluruh perusahaan itu berasal dari China.

Lalu ada PT Ikimura Indotools Centre (Jepang), PT Brightgene Biomedical Indonesia (Taiwan), dan PT Binamitra Kwartasedaya (Indonesia). Keenam perusahaan itu bergerak di bidang makanan, farmasi, kemasan, dan alat presisi.

Menperin optimistis kehadiran KNIC tidak hanya memberikan efisiensi bagi perusahaan, tapi juga memacu pertumbuhan ekonomi daerah. Bahkan, lapangan kerja baru yang tercipta dari kawasan industri ini mencapai 4.000.

KNIC berada di lokasi yang strategis karena di tengah-tengah Jakarta dan Bandung. Di luar kawasan industri, banyak infrastruktur yang mendukung di antaranya jalan tol Jakarta-Cikampek hingga Pelabuhan Patimban.

Kawasan industri ini memiliki luas area 205 hektare dan di dalamnya akan dilengkapi infrastruktur yang terkoneksi digital. Infrastruktur di dalam KNIC sudah tersedia seperti jalan, jaringan listrik, serta kantor pengelola.

Menperin menyebut, kawasan industri ini menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang menarik bagi investor.

“Kami senang CFLD terus percaya terhadap pasar di Indonesia, karena mereka telah membangun kawasan industri di Tangerang, yang ukurannya 10 kali lipat di Karawang,” tutur dia.

Sumber : www.inews.id

viewed :: 1109
Berita Terkait Lainnya :