13 Juli 2019
HEADLINE MOBIL

Hyundai Siap Investasi Rp40 Triliun, Kang Emil Tawarkan Lahan Di Segitiga Rebana


Perusahaan otomotif asal Korea Selatan, Hyundai Motor Co terus mematangkan rencana investasi di Indonesia. Nilai investasi yang akan ditanamkan diperkirakan mencapai Rp40 triliun.

"Hyundai akan besar-besaran pindah ke Jabar dan kalau dihitung-hitung nilai investasinya bisa lebih dari Rp40 triliun," kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Bandung, Jawa Barat.

Pria yang kerap disapa Kang Emil itu mengatakan, Pemerintah provinsi Jawa Barat membuka diri terhadap rencana investasi pabrikan raksasa di Asia itu. Dia bahkan menawarkan lahan di Kawasan Segitiga Rebana (Cirebon, Subang, dan Majalengka) kepada investor Korsel tersebut.

Menurut Emil, kawasan Rebana sangat cocok karena berpotensi menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK) terbesar di Indonesia. Selain itu, harga tanah dan upah buruh relatif terjangkau dibandingkan daerah-daerah seperti Cikarang dan Karawang.

"Itu kan jarak dari bandara (Kertajati) dan pelabuhan (Patimban) juga dekat. Saya kira ini sangat luar biasa tidak dimiliki oleh daerah setempat lain," ujar dia.

Dia menyebut, investasi Hyundai di Segitiga Rebana akan mendorong pertumbuhan ekonomi baru di Jabar. Namun, Emil tidak mempersoalkan jika pada akhirnya Hyundai memilih daerah lain.

"Info Rebana ini baru (disampaikan), nanti kalau mau dipertimbangkan, kalau engga (mau) di Rebana juga enggak masalah," tutur dia.

Duta Besar RI untuk Korsel, Umar Hadi mengatakan, pihaknya siap membantu mempercepat rencana Hyundai investasi di Jabar. Dia menilai, Segitiga Rebana memiliki kans cukup besar sebagai basis produksi Hyundai karena banyak perusahaan Korsel lain yang sudah berdiri di Jawa Barat.

Sumber : www.inews.id

viewed :: 196
Berita Terkait Lainnya :