12 Juli 2019
HEADLINE MOBIL

Toyota Minimalisir Kelalaian Pengemudi Melalui Teknologi Canggih


Sejumlah model keluaran Toyota untuk pasar Amerika Serikat akan dilengkapi dengan fitur keselamatan terbaru. Keduanya berkaitan erat dengan kelalaian pengemudi ketika sedang atau akan meninggalkan kendaraan mereka. Seperti, peringatan ketika pemilik kendaraan memanaskan mobil terlalu lama atau saat lupa memasang kendaraan bertransmisi otomatis dalam posisi parkir ketika meninggalkan kendaraan.

Pabrikan asal Jepang memperbarui sistem yang dapat mematikan mesin kendaraan secara otomatis jika pengemudi menyalakan mesin dalam keadaan terparkir dalam jangka waktu lama. Hal ini sebagai antisipasi terulangnya kasus pengemudi yang meninggal karena kadar karbon dioksida (CO2) yang terlalu tinggi di dalam mobil. Kebijakan ini akan berlaku pada sejumlah produk edisi 2020 mendatang.

Lembaga analis keselamatan Safety Research & Strategies asal Amerika Serikat menilai respons peningkatan sistem itu terbilang lambat. Tercatat, 37 korban jiwa sudah melayang akibat kegagalan sistem tersebut mengenali kadar CO2 dalam mobil. Sebagian besar kasus menurut lembaga yang sama terjadi pada kendaraan yang tidak memiliki kunci untuk menyalakan mesin.

Fitur keselamatan terbaru tidak hanya menghentikan mesin secara otomatis. Sistem tersebut juga dapat memberi peringatan secara audio visual kepada pemilik mobil terkait mesin kendaraan mereka. Notifikasi akan muncul pada Smart Key juga aplikasi yang terdapat pada ponsel pintar. “Kami berusaha selalu menempatkan keselamatan konsumen pada prioritas teratas. Harapannya langkah tersebut mendapat sambutan baik,” ujar perwakilan Toyota.

Sistem keselamatan lain berhubungan dengan pengurangan resiko mobil yang melaju saat pemiliknya hendak meninggalkan mobil. Fitur ini akan menempatkan kendaraan dengan transmisi otomatis pada posisi Parkir juga mengaktifkan sistem pengereman elektronik secara darurat. Sensor akan mulai aktif saat pengemudi melepas sabuk pengaman, membuka pintu kabin bagian pengemudi, hingga saat tidak ada tekanan pada pedal rem.

Sumber : news.okezone.com

viewed :: 127
Berita Terkait Lainnya :