11 Juli 2019
HEADLINE MOBIL

Hyundai Siap Produksi Mobil Di Indonesia Pada 2021


Hyundai Motor Co (HMC) terus mematangkan rencana membangun pabrik berskala besar di Indonesia. Produsen otomotif raksasa asal Korea Selatan itu dikabarkan akan memulai produksi pada 2021.

Rencana tersebut diungkapkan oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat bertemu dengan Executive Vice Presiden HMNC, Park Hong Jae beberapa waktu lalu. Pertemuan tersebut berlangsung di Soeul, Korsel.

"Mereka akan mulai produksi pada tahun 2021, dengan kapasitas 70.000-250.000 unit per tahun," kata Menperin.

Menperin mengatakan, pabrik tersebut akan menyerap paling tidak 3.500 orang. HMC memastikan akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi utama lantaran memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor.

HMC , kata dia, akan fokus membidik pasar kendaraan berpenumpang (passenger car). Hampir seluruh segmen kendaraan akan digarap seperti SUV, MPV, hatchback, dan sedan.

"Targetnya sebanyak 47 persen produksi untuk pasar domestik dan 53 persen untuk ekspor," ujar Menperin.

Dalam pertemuan tersebut, Menperin mengaku sempat menguji coba mobil berbahan bakar hidrogen, Hyundai Nexo. Dia mendorong Hyundai untuk mengembangkan mobil fuel cell tersebut, karena Pemerintah Indonesia tengah mendorong industri mobil listrik lewat beragam insentif.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Harjanto sebelumnya mengungkapkan, HMC telah menyatakan niatnya untuk membangun pabrik di Asia Tenggara sejak Januari 2018. Indonesia menjadi pilihan bagi Hyundai untuk jangka panjang.

"Indonesia memiliki bahan baku bijih nikel yang bisa digunakan untuk produksi baterai lithium-ion sebagai komponen penting kendaraan listrik,” ungkapnya.

Fari total kapasitas produksi HMC di Indonesia, kata Harjanto, sebagian akan digunakan untuk membuat kendaraan listrik. Dari kapasitas itu, sebagian besar untuk mengisi pasar ekspor ke Asia Tenggara dan Australia, serta sisanya untuk memenuhi kebutuhan domestik.

Sumber : www.inews.id

viewed :: 194
Berita Terkait Lainnya :