11 Juli 2019
GARASI MOTOR

Menjajal Performa KTM Duke 250, Kenyaman Riding Tanpa Batas


KTM 250 Duke merupakan salah satu street motorcycle yang menawarkan kesenangan maksimal berkendara di jalan raya. Motor ini dilengkapi berbagai fitur canggih, bobot ringan, bertenaga serta mengusung teknologi modern.

Bagaimana sensasi mengendarai kuda besi asal Austria ini? Jurnalis media mendapatkan kesempatan menjajal KTM Duke 250 selama sepekan. 

"Motor ini cocok dikendarai di dalam kota. Mau macet-macetan atau jalanan sepi, jalan berlubang maupun banjir, Duke 250 bisa melibas semua kondisi jalan," ujar pemilik dealer KTM Kalimalang, Effendy Hidajat, saat berbincang dengan media sebelum menjajal motor tersebut.

Saat pertama kali melihat KTM Duke 250 desain bodi dan pelek yang didominasi warna orange merekah terlihat sangat eye catching. Ketika diduduki, riding position motor ini sangat nyaman dengan setang tinggi dan lebar, pas dengan jangkauan pengemudi.


Posisi footstep lurus dengan jok menjadikan posisi duduk lebih tegak. Posisi ini cocok untuk berkendara jarak jauh dan mudah dalam pengendalian motor.

Soal tenaga, Duke 250 memiliki karakter jauh berbeda dengan adiknya Duke 200 yang sempat media jajal, beberapa waktu sebelumnya. Tenaga motor ini lebih besar meski hanya dibekali mesin 1-silinder yang sanggup memompakan daya sebesar 30 hp dengan torsi 24 Nm, mengalir melalui gearbox 6-percepatan. 

Saat tuas gas dipuntir, suara Duke 250 terasa menggema karena pemakaian knalpot racing Akrapovic. Namun, walau memakai knalpot standar suara motor ini tetap 'mengaum'.

Tenaga Duke 250 diimbangi dengan sistem pengereman yang baik. KTM menggunakan rem berteknologi tinggi Brembo yang bekerja harmonis dengan anti-lock braking system (ABS) terkini. 

Bagian depan didukung disc berukuran 300 mm dan 320 mm di belakang. Kombinasi ini membuat pengendara cukup pede menghadapi jalanan menikung maupun turunan tajam.


Di jalur yang cukup banyak terdapat belokan tajam, media mencoba merebahkan motor ini serendah mungkin. Hasilnya, motor ini asyik dibawa menikung dengan keseimbangan luar biasa.

Soal handling, KTM Duke 250 punya proporsi bodi langsing dan ringan, sehingga tak ada kesulitan ketika menghadapi jalanan macet atau meliuk-liuk ketika bertemu tikungan.

Berkendara dalam kondisi hujan, motor ini terasa stabil meski melintasi jalanan basah dan digenangi air. Kinerja rem juga bisa diandalkan berkat penggunaan ABS yang membuat pengendara pede meski harus melaju di jalanan licin akibat hujan.

Namun, kenyamanan posisi berkendara kurang dirasakan boncengers. Bagi penumpang belakang ada getaran besar saat KTM Duke 250 dipacu di atas 80 km/jam.

Selain itu, konsumsi bahan bakarnya juga sedikit boros. Perjalanan dari Depok menuju Jakarta Pusat dan kembali ke Depok, total jarak tempuh sekitar 40 kilometer bisa menghabiskan bahan bakar bensin pertamax 5-6 liter.

Artinya, rider harus mengisi pertamax secara full (11 liter) selama dua hari sekali dengan menghabiskan biaya Rp100 ribuan atau Rp50 ribu untuk sehari pemakaian Duke 250 dengan jarak tempuh 40 kilometer.

Mengenai harga, KTM Duke 250 dibanderol Rp50 jutaan. Memang cukup jauh dibandingkan KTM Duke 200 yang dijual Rp38 juta. Namun, bagi penyuka riding harga tersebut terbayarkan dengan sensasi yang diberikan motor ini.

Sumber : www.inews.id

viewed :: 135
Berita Terkait Lainnya :