16 Juni 2019
SPORTS MOTOR

MotoGP Catalunya: Marquez Menang, Lorenzo Picu Tabrakan Beruntun


Marc Marquez memenangi MotoGP Catalunya, yang diwarnai insiden tabrakan beruntun dan dipicu oleh rekan setim Jorge Lorenzo.

Start keempat, Andrea Dovizioso melesat kencang untuk kemudian menduduki posisi terdepan, Minggu (16/6). Marquez kedua, Fabio Quartararo ketiga, sedangkan Lorenzo naik ke urutan kedelapan, dengan Maverick Vinales-Valentino Rossi dalam enam besar.

Belum genap lap pembuka, Lorenzo merebut posisi keempat. Ia pun bersiap menantang Dovizioso dan Marquez. Pada saat ini, Vinales telah berada di urutan ketiga, sementara Rossi masih berkutat di posisi keenam.

Lap 2, tepatnya di Tikungan 10, terjadi drama. Marquez menyalip Dovizioso. Namun, saat bersamaan, Lorenzo berusaha menyodok ke depan. Tak diduga, ia justru memicu tabrakan beruntun.

Lorenzo menabrak Dovizioso, yang lalu keduanya mengenai Vinales. Rossi yang berada di belakang tidak dapat menghindar dan ikut tersungkur. Keempat pebalap itupun dipaksa gagal finis di Catalunya.

Dengan tersingkirnya para nama-nama top, Marquez jelas tak tersentuh. Bahkan pertarungan seru justru terjadi pada perebutan podium kedua-ketiga, diperebutkan Quartararo, Petrucci, serta Rins – walau ia kemudian membuat kesalahan pada tujuh lap tersisa.

MotoGP Catalunya akhirnya dimenangi Marquez dengan keunggulan lebih dari 2,5 detik. Quartararo berhasil menaklukkan Petrucci untuk podium kedua. Adapun, Rins membayar kesalahan dengan finis keempat usai mengalahkan Jack Milller dan rekan setim Joan Mir.

Pol Espargaro finis ketujuh, di depan Takaaki Nakagami dan Tito Rabat. Sedangkan 10 besar dilengkapi Johann Zarco. Tercatat hanya 13 pebalap yang dapat finis, di mana ke-11 dipetik Andre Iannone, dilanjutkan Miguel Oliveira serta wild card Sylvain Guintoli.

Selain Lorenzo, Dovizioso, Vinales dan Rossi yang gagal finis, kecelakaan juga dialami Cal Crutchlow dan rookie Francesco Bagnaia. Begitu pula Franco Morbidelli yang tersungkur pada sembilan lap tersisa.

MotoGP berikutnya akan dihelat di TT Circuit Assen, Belanda pada 30 Juni mendatang.


Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 174
Berita Terkait Lainnya :