13 Juni 2019
GARASI MOTOR

Bajaj-KTM Siap Menyengat Di Segmen Sepeda Motor Listrik


Diam-diam Bajaj dikabarkan tengah menyiapkan kendaraan roda bertenaga listrik dalam waktu tak terlalu lama. Ini merupakan antisipasi pabrikan asal India tersebut menghadapi regulasi tentang emisi yang semakin ketat.

Sebelumnya disebutkan bahwa kendaraan roda dua listrik racikan Bajaj belum akan dirilis sebelum akhir tahun ini. Tapi kabar terbaru menyebutkan produk Bajaj Auto EV akan hadir lebih cepat dari perkiraan.

Menurut laporan media di India, sepeda motor atau skuter listrik anyar dari Bajaj akan diperkenalkan pada tahun fiskal 2019-2020.

Executive Director Bajaj Auto, Rakesh Sharma, menyatakan pihaknya saat ini tengah menggarap prototipe kendaraan roda dua listrik dan kehadirannya akan segera diumumkan.

Juga disebutkan bahwa Bajaj dan KTM akan bersama-sama mengembangkan platform kendaraan roda dua listrik berkapasitas 48 volt, yang akan dipakai untuk sejumlah produk di masa mendatang.

Bajaj Auto dikatakan telah memulai pengujian skuter listrik di India. Dari penampakan yang berhasil diabadikan saat pengujian, terlihat skuter listrik itu memiliki gaya retro. Meski demikian, sentuhan modern dan fitur terkini sudah pasti disematkan pada produk tersebut.

Tampak depan dari skuter listrik yang menyerupai Vespa itu sangat kental dengan nuansa retro klasik dengan lampu utama LED berbentuk Pentagon, sedangkan lampu sein ditempatkan di apron depan dengan posisi vertikal.

Lampu LED juga digunakan untuk lampu belakang, ditambah dengan konsol digital instrument dan lampu indikator sebagai penunjuk posisi gigi. Di balik jok kemungkinan terdapat USB charger.

Untuk peranti penghenti laju, skuter listrik Bajaj ini menggunakan rem cakram di depan dan tromol di belakang. Ada kemungkinan model ini juga dibekali fitur combi-braking system sebagai peranti standar demi keamanan pengemudi dan penumpangnya. 

Sumber : dapurpacu.id

viewed :: 132
Berita Terkait Lainnya :