13 Juni 2019
HEADLINE MOBIL

Toyota-Subaru Siap Lahirkan SUV Baru Bertenaga Listrik


Toyota Motor Corp dan Subaru Corp menyatakan siap bersama-sama mengembangkan model SUV bertenaga listrik dengan menggunakan platform yang digarap bersama kedua pabrikan mobil asal Jepang itu.

Kerja bareng itu dimaksudkan untuk menekan biaya dalam pengembangan mobil rendah emisi, demikian pernyataan tertulis Toyota dan Subaru akhir pekan ini.

Kedua pabrikan Negeri Sakura ini akan mengaplikasikan teknologi all-wheel-drive andalan Subaru dan juga teknologi elektrifikasi milik Toyota pada model SUV anyar tersebut. Nantinya, model kolaborasi itu akan dipasarkan dengan menggunakan masing-masing brand, layaknya yang diterapkan pada Toyota 86 dan Subaru BRZ.

Subaru dan Toyota yakin kerjasama ini merupakan model bisnis yang penting dan saling menguntungkan di tengah tingginya biaya untuk mengembangkan mobil ramah lingkungan dan mobil otonom.

Toyota saat ini aktif merangkul pabrikan mobil lain dan sejumlah perusahaan teknologi untuk menghemat biaya dalam mengembangkan beragam teknologi baru.

Pada April lalu, Toyota mengumumkan akan memasok teknologi hybrid ke pabrikan mobil lain tanpa harus membayar royalti. Perlu diketahui, Toyota adalah pionir untuk teknologi hybrid setelah mereka menerapkannya pada model Prius pada 1997 silam.

Meski Toyota memimpin dalam teknologi hybrid dan fuel cell, tapi raksasa otomotif Jepang ini tertinggal dalam mengembangkan mobil listrik dibandingkan sejumlah rivalnya, seperti Nissan Motor Co Ltd, Volkswagen AG dan Tesla Inc.

Sementara Subaru termasuk pabrikan besar dengan skala terkecil bila dibandingkan rivalnya sesama Jepang, dan mereka kesulitan untuk secara mandiri berinvestasi dan mengembangkan kendaraan rendah emisi dan layanan transportasi on-demand yang kini menjadi tren di industri otomotif global.

Untuk kerjasama antara kedua pabrikan Jepang ini bukan hal baru, karena kemitraan antara keduanya sudah terjalin sejak lama. Toyota sendiri adalah pemegang saham terbesar di Subaru, dengan kepemilikan sebesar 16,77% saham.

Sumber : dapurpacu.id

viewed :: 1108
Berita Terkait Lainnya :