11 Juni 2019
SPORTS MOBIL

Bela Hamilton, Rosberg: Vettel Pantas Dapat Penalti


Mantan pebalap Mercedes AMG Petronas, Nico Rosberg, memberi pembelaan untuk eks rekan setimnya, Lewis Hamilton, yang menuai komentar kurang menyenangkan usai mentas di F1 GP Kanada 2019. Menurutnya, kemenangan Hamilton di seri tersebut sudah sangat sesuai karena rider Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel, jelas melakukan pelanggaran yang layak diganjar dengan penalti waktu.

Kemenangan Hamilton di F1 GP Kanada 2019 memang menuai kritik dari beberapa pihak. Pasalnya, hasil ini didapat pebalap asal Inggris tersebut setelah Vettel diganjar penalti waktu oleh steward lantaran dianggap menghambat laju Hamilton.

Peristiwa ini terjadi di tikungan keempat pada putaran ke-48. Vettel dinilai telah melakukan manuver berbahaya yang menghambat laju Hamilton. Karena aksi tersebut, Vettel yang sejatinya menyentuh garis finis pertama pun akhirnya harus puas hanya menyegel gelar runner-up di F1 GP Kanada 2019.


Sebab, Vettel mendapatkan sanksi berupa penalti waktu lima detik. Hukuman ini pun membuat Hamilton yang catatan waktunya hanya berjarak 1,3 detik dengan Vettel dipastikan keluar sebagai pemenang.

Kondisi tersebut langsung memicu munculnya beragam komentar pedas yang ditujukan kepada Hamilton. Tetapi, Rosberg pasang badan untuk mantan rekan setimnya tersebut. Ia mengatakan Vettel layak menerima hukuman tersebut karena tindakan yang dilakukannya telah benar-benar merugikan dan membahayakan Hamilton.


“Jadi Vettel mengemudi langsung di atas rumput dan dia bisa dengan mudah meninggalkan Hamilton sedikit lebih banyak, tetapi dia tidak melakukannya. Dia membawa mobil jauh ke kanan, dan Hamilton hampir tidak punya ruang tersisa. Jika Hamilton menahannya, ia akan mengarah ke dinding karena Vettel semakin ke kanan. Jika Lewis tidak bereaksi, dia akan didorong ke tembok,” ujar Rosberg, sebagaimana dikutip dari Speedweek.

“Itu sebabnya, jelas bagi saya menyebut pengembalian Vettel tidak aman. Hukuman sepenuhnya pantas diterima. Bagi saya itu bukan alasan untuk mengatakan ban saya bermasalah sehingga tidak bisa melihat Hamilton. Tidak ada pebalap yang bisa berpura-pura menghindari penalti! Hukumannya memang layak didapat Vettel,” tukasnya.

Sumber : sports.okezone.com

viewed :: 124
Berita Terkait Lainnya :