27 Mei 2019
SPORTS MOBIL

GP Monako: Hamilton Menang Meski Drama Ban


Lewis Hamilton berhasil memenangi balapan Formula 1 GP Monako setelah menahan gempuran dari Max Verstappen.

Pebalap Mercedes itu mampu menjaga posisi terdepan tanpa masalah selepas start. Valtteri Bottas juga bertahan di posisi kedua meski sempat mendapat ancaman dari Verstappen di sisi dalam Sainte Devote.

Lima lap terlewati, Hamilton membuka jarak lebih dari satu detik di depan rekan setimnya, sementara Charles Leclerc, start dari grid ke-15, menjadi pebalap tersibuk di awal balapan ini.

Pebalap tuan rumah itu menyajikan hiburan bagi pendukungnya dengan manuver-manuver apik. Pertama dengan menyalip Lando Norris di hairpin Fairmont, dan beberapa lap berikutnya, Leclerc melewati Romain Grosjean dari sisi dalam La Rascasse.

Namun, pada lap berikutnya, ketika Leclerc berusaha menyalip dengan cara dan di tikungan yang sama terhadap Nico Hulkenberg untuk posisi ke-10, kontak terjadi.

Dari tayangan ulang roda kanan-belakang Leclerc membentur pagar pembatas dan membuatnya tergelincir. Masalah bagi Leclerc bertumpuk ketika ban yang sama mengalami kebocoran dan robekan karet ban merusak komponen lantai mobilnya.

Leclerc masuk ke pit, dan di saat yang sama Safety Car diturunkan karena banyaknya serpihan dari mobil Leclerc yang tergeletak di tengah lintasan.

Hamilton dari posisi pimpinan balapan masuk ke pit – beralih ke kompon medium, diikuti Bottas yang melambatkan lajunya karena Mercedes melakukan pit stop tumpuk.

Verstappen keluar lebih cepat dari kotak pit dan bersentuhan dengan mobil Bottas di belakangnya, memicu investigasi dari stewards.

Khawatir dengan potensi kebocoran ban, Bottas masuk pit lagi dan keluar di belakang Vettel. Kecuali Hamilton, semua pebalap empat besar kini melaju dengan kompon hard yang lebih tahan lama.

Selepas restart, di rombongan belakang, Antonio Giovinazzi menyenggol George Russell di La Rascasse dan sempat membuat kemacetan. Leclerc kembali tertimpa nasib sial karena ikut terjebak di belakang kedua mobil tersebut.

Leclerc akhirnya menyudahi hari buruknya dengan masuk ke garasi dan mengakhiri balapannya lebih awal.

Sementara itu, setelah dilakukan penyelidikan, Verstappen diganjar penalti waktu lima detik karena pelanggaran unsafe release.

Dengan kompon yang lebih lunak dan lebih cepat aus, Hamilton melakukan manajemen ban dan menciptakan 'kereta' di depan Verstappen, Vettel, dan Bottas.

"Saya pikir kita dalam masalah kawan, [ban] kiri-depan sudah mati," keluh Hamilton di radio.

Verstappen akhirnya melancarkan serangan terhadap Hamilton di sisa dua lap terakhir di chicane Nouvelle. Ban kiri-belakang Hamilton dan ban kanan-depan Verstappen bersentuhan dan kedua pebalap sama-sama memotong tikungan.

Tetapi Hamilton kukuh di posisi pertama hingga bendera finis dikibaskan. Setelah penalti diterapkan Verstappen yang finis kedua turun ke posisi empat di belakang Vettel dan Bottas.

Pierre Gasly menyelesaikan balapan di urutan kelima sekaligus merebut fastest lap dan satu poin tambahan, sementara Carlos Sainz membawa McLaren finis enam besar, capaian terbaik bagi keduanya musim ini.

Daniil Kvyat memimpin rekan setimnya di Toro Rosso, Alexander Albon, dengan mengklaim peringkat ketujuh, sementara Grosjean naik empat posisi untuk finis kesembilan, meski diganjar penalti waktu akibat melewati garis keluar pit.

Meski start dari enam besar, Daniel Ricciardo harus puas dengan satu poin saja setelah finis di urutan ke-10.

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 148
Berita Terkait Lainnya :