23 Mei 2019
SPORTS MOBIL

Sponsor Utama Haas, Rich, Kalah Dalam Gugatan Logo


Sponsor utama tim Formula 1 Haas, Rich Energy Ltd, beserta CEO Williams Storey, dinyatakan kalah dalam gugatan logo dari produsen sepeda Whyte Bikes.

Whyte Bikes, perusahaan pembuat sepeda yang bermarkas di Sussex, Inggris, menggugat Rich Energy yang dianggap telah melakukan pelanggaran hak cipta terkait penggunaan logo bergambar rusa jantan.


Desainer logo Rich Energy, Sean Kelly, juga menjadi pihak tergugat lewat perusahaannya, Staxoweb Ltd, dalam sidang di Pengadilan Tinggi London dan dipimpin Hakim Melissa Clarke yang menyampaikan putusannya dalam dokumen setebal 58 halaman.

Pada paragraf pertama, hakim Clarke menyatakan: "Ini adalah putusan terkait klaim pelanggaran hak cipta. Apa yang diminta, antara lain, adalah penghapusan logo tergugat, Rich Energy Ltd, dari mobil Formula 1 serta situs tim balap Rich Energy Haas Formula 1."

Clarke menyimpulkan bahwa pihak tergugat telah melanggar hak cipta Whyte, dan pihak penggugat berhak atas ganti rugi.

Whyte mengklaim telah menggunakan logo rusa jantan sejak 2008, sedangkan logo Rich dirancang pada 2015. Tetapi Rich bersikeras mereka tidak terinspirasi oleh versi Whyte.


Selain tersemat di kaleng minuman, logo rusa jantan Rich juga secara jelas terlihat di mobil F1 2019 Haas, serta pada helm kedua pebalap mereka, Kevin Magnussen dan Romain Grosjean.

Dengan hasil sidang ini, maka Rich Energy tidak lagi diizinkan menggunakan logo rusa jantan dalam bentuk apapun. Namun, sebagai tanggapan, perusahaan minuman berenergi tersebut mengatakan ada kemungkinan akan mengajukan banding.

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1126
Berita Terkait Lainnya :