11 September 2019
TIPS MOTOR

Hindari Merokok Saat Mengendarai Motor


Rokok adalah hal yang sudah sangat umum di dunia, apalagi di Indonesia. Dari semua kalangan dan profesi, berbagi strata umur, serta gender terdapat perokok. Dari kalangan biker-pun sangat banyak yang juga perokok. Kita sebut saja Biker-Smoker.

Biker sejati pasti mengerti kaidah-kaidah safety riding. Jadi walapun dia seorang biker-smoker tidak akan mencapur adukkan dua kegiatan antara berkendara dengan merokok. Artinya dia tidak akan naik motor sambil merokok.

Di dalam mengendarai sepeda motor, otak kita melakukan koordinasi untuk melakukan kegiatan menarik handle gas, rem atau juga handle kopling ataupun rem kaki. Pikiran kita juga berpikir untuk melakukan manuver itu sendiri disertai dengan pengamatan terhadap medan yang kita lalui. Jika ditambah dengan kegiatan merokok maka akan bertambah lagi pekerjaan otak, dan disisi lain malah mengganggu pengamatan medan.

Berikut ini beberapa kerugian merokok sambil berkendara:

1. Konsentrasi terganggu
Dengan merokok maka pengamatan dan perhitungan kita mengenai medan yang kita lalui akan terganggu. Sebagai contoh pernah terjadi seorang biker yang terlindar kontainer karena berkendara sambil merokok.

2. Pegangan ke stang tidak maksimal
Pegangan yang tidak benar ke stang motor bisa menyebabkan jatuh misalnya ketika melindas medan begelombang atau mengerem mendadak.

3. Bahaya terpaan angin
Jika sambil merokok, otomatis biker akan membuka visornya, angin akan langsung mengenai muka.

4. Bahaya bara api
Karena sambil berjalan, bara api ujung rokok bisa terbawa angin, bisa mengenai pakain kita sendiri, atau yang lebih berbahaya adalah mengenai orang lain di belakang kita, baik sesama biker ataupun pejalan kaki.

5. Waspada sambaran uap bensin
Jika ada kebocoron di tutup tangki, bisa saja uap bensin terkena bara rokok dan terbakar.

6. Kurang nikmat
Kalau yang ini pendapat pribadi, saya dulu sempat jadi perokok juga. Ketika merokok saya hanya bisa menikmatinya jika dalam  kondisi yang tenang. Saya bisa bermain-main asap. Saya tidak bisa menikmati rokok ketika angin kencang bertiup, apalagi sambil naik motor.

Yang pasti, merokok itu lebih banyak ruginya. Apalagi merokok sambil naik motor, bahaya besar terpampang disana! Jika ada masih melakukannya.HENTIKAN segera!  [w33]




viewed :: 12085
Berita Terkait Lainnya :