18 April 2019
SPORTS MOBIL

Mercedes Tumpuk Pit Stop, Bottas Sempat Khawatir


Valtteri Bottas sempat khawatir dengan pit stop tumpuk yang dilakukan Mercedes di paruh akhir balapan Formula 1 GP Tiongkok.

Memulai balapan dari posisi pole, Bottas langsung tersalip rekan setimnya, Lewis Hamilton, saat menuju tikungan pertama. Duo Mercedes kemudian memegang keunggulan yang nyaman sepanjang stint pertama dan kedua.

Pada paruh akhir balapan, skuat Panah Perak melakukan pit stop tumpuk untuk pemberhentian kedua mereka, dengan pemimpin balapan, Hamilton, mendapat giliran pertama dan kemudian diikuti Bottas.

Pebalap Finlandia itu mengaku sempat khawatir dengan strategi yang diambil timnya. Pasalnya, andai ada penundaan atau masalah dengan pit stop Hamilton, maka ia akan terkena imbasnya dan bisa kehilangan peluang mengamankan posisi kedua, bahkan podium.

"Ya, saya sangat khawatir. Anda bisa kehilangan waktu karena Anda yang di belakang," kata Bottas usai finis kedua dan kini juga menduduki posisi kedua dalam klasemen sementara.

"Saya bertanya kepada tim, apakah saya bisa pit stop di lap-lap berikutnya, atau bertahan di lintasan tanpa pit stop lagi. Namun, risikonya terlalu besar dengan usia ban.

"Saya menanyakan itu karena jika ada cara lain selain pit stop di belakang Lewis, maka itu bisa menjadi satu-satunya kesempatan untuk memenangi balapan.

"Saya tahu, jika kami berdua pit stop, maka habis sudah peluang saya untuk menang, kecuali ada kejadian gila.

"Tetapi saya senang pit stop berjalan baik. Saya kehilangan waktu, tapi tidak banyak. Jadi tim telah bekerja dengan baik."

Ketika kembali bergabung ke lintasan, Bottas sempat dihadang Leclerc yang waktu itu belum melakukan pit stop keduanya. Namun dengan kompon yang lebih segar, Bottas bisa dengan mudah menyalip pebalap Ferrari itu.

Usai balapan, Bottas melihat data dan setuju bahwa strategi yang diambil Mercedes sudah tepat.

"Saya memang sempat ingin mengambil risiko, tetapi setelah melihat data, saya pikir ban saya tidak akan bertahan sampai akhir balapan."

Ketika ditanya apakah ia merasa curiga dengan maksud di balik strategi Mercedes, Bottas berkata: "Tidak, semuanya sangat masuk akal."

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1113
Berita Terkait Lainnya :