15 April 2019
SPORTS MOBIL

E-Prix Roma: Evans Antarkan Jaguar Menang Perdana


Mitch Evans menyalip peraih pole, Andre Lotterer, untuk menjuarai E-Prix Roma, sekaligus mempersembahkan kemenangan perdana Jaguar di Formula E.

Bendera merah sudah berkibar di awal balapan, ketika Jose Maria Lopez tergelincir dan menabrak dinding pembatas di chicane Tikungan 17-18. Di belakangnya, Gary Paffett dan Jean-Eric Vergne tidak bisa menghindar dan saling bertubrukan. Akibatnya lintasan terblokir dan banyak pebalap yang terjebak.

Setelah tertunda 45 menit, balapan kembali dilanjutkan dengan Lotterer menjaga kepemimpinannya di depan Evans.

Evans terus menguntit di belakang Lotterer hingga akhirnya mengambil celah sempit untuk menyalip pebalap DS Techeetah itu di chicane Tikungan 11-12.

Evans nyaris membuyarkan kemenangannya ketika gagal mengaktifkan Attack Mode. Berbekal dua power boost, Lotterer kembali menempel di belakang mobil Jaguar.

Pebalap Selandia Baru itu mampu membuka jarak dan kembali keluar dari lajur balap untuk mengambil Attack Mode. Lotterer terus membayangi Evans di menit-menit terakhir, tetapi usahanya belum cukup untuk menggoyahkan Evans.

Ketika bendera finis berkibar, Evans keluar sebagai pemenang berbeda ketujuh di musim kelima Formula E, dengan keunggulan 0,979 detik atas Lotterer. Ini merupakan kemenangan pertama Jaguar di balap formula serba elektrik.

Vandoorne melengkapi podium bersama HWA, sementara Robin Frijns dari tim Envision Virgin Racing, menyalip pebalap Nissan e.dams, Sebastian Buemi, di penghujung balapan untuk mengklaim urutan keempat.

Oliver Rowland memastikan dua Nissan di enam besar. Ia finis di depan Vergne yang mengakhiri balapan di urutan ketujuh tapi akhirnya terlempar dari posisi poin setelah diganjar penalti akibat menyalip saat periode Full Course Yellow.


Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 121
Berita Terkait Lainnya :