16 April 2019
HEADLINE MOTOR

Jajaran Motor Yamaha Akan Gunakan Turbocharged


Produsen Yamaha akan mempersiapkan jajaran model motor terbarunya yang akan menggunakan perangkat induksi tenaga tambahan atau dikenal dengan turbocharged.

Penggunaan perangkat penambah tenaga mesin ini, digunakan sebagai langkah bagi produsen Yamaha terkait regulasi emisi yang harus dihasilkan pada kendaraan sesuai ambang batas yang ditentukan.

Sebagai salah satu solusinya, produsen Yamaha akan menggunakan mesin kapasitas kecil yang dikenal memiliki emisi kecil dari sisa gas buang. Sayangnya mesin kapasitas kecil menghasilkan tenaga yang juga kecil.

 

Perangkat turbocharged menjadi salah satu solusi yang dilakukan Yamaha untuk mendongkrak tenaga dari kapasitas mesin kecil yang akan digunakan untuk jajaran produknya.

Mesin dengan perangkat turbocharged sendiri bukanlah cara baru yang dilakukan produsen sepeda motor Jepang. Dimana pada 1980-an motor dengan turbocharged sudah memproduksi motor dengan turbocharged.

 

Sayangnya perangkat turbocharged yang mahal dan masalah teknis seperti overhead yang berimbas pada sistem pendinginan mesin menjadi kendala utama pengembangan motor turbocharged saat itu.

Meski demikian, Kawasaki menjadi produsen yang kembali mempopulerkan perangkat induksi tenaga tambahan untuk model H2. Namun penggunaannya sebagai pendongkrak tenaga besar dari kapasitas mesin yang mencapai 1.0 liter.

Sumber : news.okezone.com

viewed :: 136
Berita Terkait Lainnya :