16 Maret 2019
HEADLINE MOTOR

Yang Harus Diperhatikan Saat Naik Moge


Menunggangi motor gede (mode) sebenarnya tidak berbeda jauh dengan mengendarai sepeda motor pada umumnya. Namun, ada beberapa teknik khusus yang harus diperhatikan oleh para pemula.

Presiden Director PT GAS (Triumph Indonesia), R Hari Triadji mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan adalah kenali dulu karakter motor gede yang akan digunakan. "Paling pertama tentu mengubah mindset. Saat belajar motor, kan enggak mungkin langsung pakai moge, jadi kenalan dulu sama motornya," ujar Hari, ketika ditemui iNews.id, baru-baru ini.

Selanjutnya, tutur Hari, jika sudah mengenali motor pahami karakter moge tersebut. "Biasakan dulu motornya 5 sampai 10 menit, sekalian pahami karakternya. Misal, naik Triumph Tiger, posisi tangannya beda dengan naik sportbike," kata Hari.

Langkah berikutnya, yang perlu diperhatikan adalah posisi tangan saat mengerem. Perhatikan jarak main rem, karena rem penting untuk menghentikan laju moge.

"Bila sudah mengenali jarak main rem, kita bisa memprediksi tekanan yang harus diberikan pada tuas rem sampai motor bisa berhenti," ujarnya.

Terakhir adalah posisi duduk. Hari menyarankan agar posisi duduk selalu dalam keadaan tegak saat berkendara. Tidak hanya moge, saat membawa motor biasa pun posisi badan harus selalu tegak.

"Naik moge apapun usahakan selalu tegak dengan posisi paha menempel tangki. Selain mengurangi lelah, motor jadi lebih mudah dikendalikan cukup dengan menggerakkan pinggul," kata Hari.

Sumber : www.inews.id

viewed :: 131
Berita Terkait Lainnya :