14 Maret 2019
SPORTS MOBIL

E-Prix Hong Kong: Bird Menang Usai Senggol Lotterer


Di balapan Formula E ke-50, Sam Bird memenangi E-Prix Hong Kong setelah terlibat insiden dengan Andre Lotterer pada menit-menit terakhir.

Start dari pole, Stoffel Vandoorne kalah cepat dari pebalap Nissan, Oliver Rowland, yang melesat ke posisi pertama di lap pembuka.

Sial bagi mantan pebalap F1 asal Belgia itu, ia akhirnya tersingkir di pertengahan balapan akibat masalah driveshaft.

Rowland memimpin balapan hingga bendera merah dikibaskan setelah Felipe Nasr menabrak dinding Tecpro dan memicu kecelakaan beruntun yang juga menyingkirkan duo Mahindra, Pascal Wehrlein dan pemimpin klasemen, Jerome d'Ambrosio.

Usai restart, mobil Rowland melambat setelah tidak sengaja menekan tombol pembatas kecepatan dan posisinya diambil alih Bird.

Pebalap Virgin itu mengisi posisi terdepan, tapi beberapa lap berselang ia membuat kesalahan dan tersalip Lotterer.

Mobil Vandoorne yang berhenti di pinggir trek memicu keluarnya Safety Car untuk yang kali kedua di balapan ini.

Setelah bendera hijau dikibaskan, Lotterer dan Bird terlibat pertarungan panas. Bird beberapa kali berusaha memanfaatkan kesalahan Lotterer, namun pebalap Jerman itu masih mampu mempertahankan posisinya.

Sisa lima menit, Race Control menerjunkan Safety Car untuk yang ketiga kalinya akibat kecelakaan yang dialami Rowland, yang mana roda bagian kiri-belakangnya terlihat rusak.

Kerja cepat dari Marshal dalam mengevakuasi mobil Rowland, membuat balapan bisa dilanjutkan dengan sisa waktu 3 menit.

Bird terus menempel Lotterer dan akhirnya membentur mobil Techeetah. Insiden tersebut tampaknya membuat ban kanan-belakang Lotterer bocor.

Lotterer melorot dan finis dengan tiga ban di urutan ke-14 atau pebalap terakhir yang melintasi garis finis. Sementara Bird finis terdepan tapi dalam investigasi.

Berkat insiden di depannya, Edoardo Mortara naik ke posisi dua di depan Lucas di Grassi yang melengkapi podium E-Prix Hong Kong.

Di luar tiga besar, ada rekan setim Bird, Robin Frijns, pebalap Audi, Daniel Abt, dan Felipe Massa dari Venturi.

Mitch Evans membawa Jaguar finis di urutan ketujuh, unggul atas Gary Paffett, Oliver Turvey, dan Antonio Felix da Costa yang melengkapi sepuluh besar.

Dengan kemenangan yang keduanya di Hong Kong, Bird mengambil alih posisi sebagai pemimpin klasemen dengan 71 poin, sementara d'Ambrosio turun ke posisi dua dengan 53 poin.

Hong Kong E-Prix Hong Kong 2019 :


Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1150
Berita Terkait Lainnya :