13 Maret 2019
HEADLINE MOTOR

Teknologi Airbag Untuk Bikers Mulai Diperkenalkan


Teknologi keselamatan sepeda motor untuk para bikers saat ini masih sebatas fitur yang tersemat di sepeda motor. Perangkat secara langsung yang tersemat di pengendara terbilang sangat minim.

Kini teknologi keamanan khusus untuk pengendara berhasil dikembangkan. Menggunakan perangkat kantung keselamatan udara, seperti yang dimiliki pada mobil, airbag khusus untuk pengendara motor juga berhasil dikembangkan.

Airbag ini bekerja berdasarkan sensor jika sepeda motor melaju pada kecepatan tertentu dan berbagai sensor gerak, giroskop mendeteksi perlambatan tiba-tiba, akselerasi (jika terbentur dari belakang) atau hilangnya keseimbangan sepeda motor. Demikian seperti dikutip dari airbagforbike.

Perangkat keselamatan airbag untuk pengendara sepeda motor akan melindungi hampir seluruh bagian tubuh pengendara. Dimana airbag tersebut akan menutupi tubuh dengan kantung udar.

Meski terlihat sangat aman, namun saat airbag mengembang dan seluruh tubuh pengendara terbungkus airbag, tidak diketahui pasti cara pengendara melepaskan diri dari dalam airbag yang telah membungkusnya.

Sebelumnya teknologi airbag juga pernah dikembangkan perusahaan teknologi keamanan, namun perangkat tersebut bekerja hanya di kisaran jaket saja.

Sumber : news.okezone.com

viewed :: 1125
Berita Terkait Lainnya :