12 Januari 2019
HEADLINE MOBIL

Mengenal Ducati Yang Pernah Merakit Mobil


Nama besar Ducati saat ini tak lebih dikenal sebagai produsen sepeda motor sport. Namun perjalanannya, produsen motor Itali ini memiliki catatan pernah merakit mobil yang digunakan pada ajang balap pada 1965.

Jauh sebelum tahun tersebut, tepatnya pada 1946 Ducati pernah merancang mobil melalui konsep atas kertas. Dalam desain tersebut mobil yang dirancang Ducati menggunakan rangka tabung teralis yang menjadi teknologi Ducati di masanya yang akhirnya diterapkan juga pada model sepeda motor produksinya.

Sayangnya pengembangan mobil yang dibekali mesin kapasitas 250 Cc L twin dengan transmisi empat percepatan, hanya memiliki dua bangku tersebut hanya menghasilkan satu unit prototipe saja dan hingga kini tak kunjung di produksi secara masal.

Kegagalan tersebut rupanya tak membuat Ducati patah arang, hingga akhirnya Ducati mampu memproduksi mobil pada 1965 yang di sebut sebagai mobil pertamanya. Bukan sebagai mobil penumpang, kendaraan balap yang dirancang bersama perusahaan Inggris, Leyland pembuat Triumph Herald dan Spitfire.

Kesuksesan Ducati membangun mobil balap justru membawa angin segar, dimana beberapa pabrikan seperti Alfa Romeo dan Lancia dalam sejarahnya juga pernah menggunakan mesin Ducati di kancah balap.

Jalan panjang Ducati seperti dikutip Motor1, awalnya bukanlah sebagai produsen sepeda motor melainkan perusahaan pembuat perangkat radio yakni speaker. Namun bisnis tersebut tak lama dan membuat Ducati banting setir memproduksi mesin dan sepeda, di masa perang pabrik tersebut hancur akibat di bom dan setahun pasca perang Ducati kembali membangun bisnisnya hingga kini Ducati lebih dikenal sebagai produsen sepeda motor sport yang juga ternama di kancah balap MotoGP.

Sumber : news.okezone.com

viewed :: 128
Berita Terkait Lainnya :