12 Januari 2019
HEADLINE MOBIL

15 Mobil Terawet, Bertahan Lebih Dari 15 Tahun


Mobil-mobil lansiran Jepang, terutama Toyota, dikenal bandel dan memiliki daya tahan tinggi selama bertahun-tahun kepemilikan. Penilaian itu bukan omong kosong, tapi fakta.

Berdasarkan sebuah studi terbaru, terjaring 15 merek/tipe mobil yang berpotensi besar tetap bertahan di tangan pemilik pertama selama 15 tahun atau lebih. Nah, mayoritas tipe mobil itu ternyata adalah keluaran Toyota, sisanya merek Jepang lainnya.

Survei terbaru yang dilakukan perusahaan pencarian otomotif online, iSeeCars, telah menganalisis lebih dari 750.000 unit mobil buatan mulai 1981 hingga 2003, dan kendaraan-kendaraan tersebut dijual pada 2018.

Uniknya, meski survei ini dilakukan di Amerika Serikat, tapi penghuni daftar 15 mobil paling awet itu adalah lansiran Jepang, dengan 10 di antaranya adalah Toyota, termasuk yang menduduki tiga posisi teratas, yakni Highlander (1), Prius (2) dan Sienna (3).

“Kendaraan buatan Jepang dikenal karena kualitas dan kebandelannya, yang terbukti dari survei yang kami lakukan,” kata Phong Ly, CEO iSeeCars, seperti dikutip Bloomberg.

Merek selain Toyota yang juga bandel adalah Honda, yang menempatkan tiga modelnya di daftar tersebut, yakni Acura MDX, Honda Pilot, Odyssey dan CR-V. Sementara Subaru diwakili oleh Forester.

Berikut daftar 15 model mobil paling panjang umur:

1. Toyota Highlander
2. Toyota Prius
3. Toyota Sienna
4. Honda Pilot
5. Toyota Tundra
6. Toyota Sequoia
7. Toyota Tacoma
8. Honda Odyssey
9. Honda CR-V
10. Subaru Forester
11. Toyota RAV4
12. Toyota Camry
13. Acura MDX
14. Toyota 4Runner
15. Toyota Avalon

Survei itu juga memantau sejumlah model SUV populer yang memiliki reliabilitas tinggi, yang mampu bertshan hingga lebih dari 15 tahun dalam keadaan sehat. Lagi-lagi dalam kategori ini dikuasai merek Jepang, meski muncul juga merek Korea dan Amerika, yakni Kia Sorento, GMC Yukon XL dan Chevrolet Suburban, yang masing-masing menempati posisi ke-9, 10 dan 12.

Untuk posisi tiga teratas didominasi oleh Toyota Highlander, Honda Pilot dan Toyota Sequoia.

Meski survei itu dilakukan di Amerika, tapi hasilnya juga tak akan jauh berbeda untuk negara di luar Negeri Paman Sam, tak terkecuali di Indonesia. 

Sumber : dapurpacu.id

viewed :: 143
Berita Terkait Lainnya :