18 September 2020
CLUB MOBIL

Volkswagen Indonesia


Tahun 1980an, Volkswagen yang berasal dari Jerman ini menjadi salah satu kendaraan yang digemari para remaja, mahasiswa, dan anak muda. Volkswagen jadi trend gaya di era itu.  Seringnya bertemu dengan sesama penggemar VW dan keinginan untuk menjalin silaturahmi antar pecinta VW maka sekumpulan orang-orang yang memiliki hobby dan minat sama terhadap volkswagen kemudian membetuk club VVC yakni Volksawagen Van Club pada tahun 1980.

Berikutnya pada tahun 1981 disusul dengan berdirinya Volkswagen Beetle Club (VBC), yakni club penggemar Volkswagen jenis Beetle alias  VW Kodok. Tak hanya di Jakarta,  di beberapa kota besar khususnya di Jawa, muncul Club-club penggemar VW, antara lain Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, dan lain-lain.

Dengan banyaknya varian VW di Indonesia, masing-masing varian juga punya penggemar tersendiri maka bermunculan juga club-club dengan jenis atau varian spesifik seperti club Kombi, Club Kodok, Club Safari, dan Club varian.

Dari tahun ke tahun, terlihat peningkatan penggemar otomotif VW di Indonesia. Pada tahun 1993 dalam event bersama VW di Bali, duabelas club penggemar VW  di Indonesia sepakat membuat suatu Induk organisasi. Organisasi Pusat, yang dibentuk itu kemudian  diberi nama "Volkswagen Indonesia" (VI), dengan Siswo Semedi salah seorang pecinta VW terpilih sebagai Ketua VI pertama.

Visi dan Misi VI sebagai organisasi sosial dan hobby yang berazaskan kebersamaan, gotong royong, dan cinta persatuan adalah mengkoordinir kegiatan club-club yang ada di Indonesia agar lebih terarah, terencana dan membangun rasa kebersamaan sebagai komunitas satu hobby .

VI mulai membuat program-program dan untuk memudahkan komunikasi dan mengatur kegiatan anggota-anggota club yang ada di daerah dibentuklah Korwil-korwil, seperti Korwil Jawa Tengah, Korwil Jawa Timur, Sumatra, Sulawesi, Bali  agar lebih  teroganisir, baik kegiatan lokal, regional dan Nasional.

Hingga tahun 2012, VI telah mengadakan Munas untuk yang ke lima kalinya, dengan memilih kepengurusan yang dipilih dan diusulkan dari anggota-anggota club-club daerah. Dari hasil Munas VI ke V yang diselenggarakan di Cirebon Desember 2012,  Untuk Periode 2013-2017 telah terpilih Pengurus Inti VI
adalah:
-Ketum: Bp. Suyono
-Ketua Harian I: Yanto Herlambang
-Ketua Harian II: Denny Buceng
-Sekjen: Didit
-Bendahara:

Selama perjalanannya Volkswagen Indonesia telah mampu melakukan berbagai kegiatan  baik secara  internal maupun ekternal. Dalam berbagai aktivitasnya VI selain ajang silaturahmi dan tukar informasi tentang VW, VI juga menyadarkan pentingnya pengetahuan tentang teknis otomotif VW serta
keselamatan dalam berkendara. Dalam event-event yang diselenggrakan VI juga turut mendukung program pemerintah terutama di bidang pariwisata dan kepedulian sosial.

VI juga turut berpartisipasi aktif secara Internasional, antara lain dalam Event pertemuan para penggemar dan pencinta volksawagen dunia diBadcamberg, Jerman setiap empat tahun sekali.

Dalam 20 tahun perjalannnya VI saat ini membawahi 70 club di seluruh Indonesia dengan anggota sekitar 7000, yang tersebar di seluruh Nusantara, dari Aceh hingga Papua.

Adanya ATPM VW di Indonesia sejak tahun 2003, membuat  varian VW dengan generasi-generasi  terbaru kian memperbanyak kendaraan Volkswagen yang ada di Indonesia, yang ikut meramaikan komunitas VW ini,
anggota VI tak hanya penggemar volkswagen vintage tapi juga penggemar varian-varian Volkswagen lainnya.

Dengan tema "Fun, Unity & harmony", Volkswagen Indonesia dalam berbagai kegiatannya yang juga menjadi ajang silaturahmi antara sesama para penggemar Volkswagen  akan selalu mengedepankan
kesenangan, kesatuan dan keharmonisan. Sarana menyalurkan hobby kesenangan pada VW, menjaga kesatuan & keharmonisan antar para anggota yang tersebar di seluruh Indonesia.     [w33]

Pengurus Pusat Volkswagen Indonesia
Ruko Grand Panglima Polim No.52, Jln. Panglima Polim Raya.Jakarta 16770, Indonesia
Telepon : +6221 72797787
Faks      : +6221 72797827
Email.  :  info@vw-indonesia.org


viewed :: 14308

Berita Terkait Lainnya :