06 Desember 2018
GARASI MOBIL

New Range Rover Evoque Lebih Lega Dan Kaya Teknologi Canggih


Range Rover Evoque bagaikan dewa penyelamat bagi Land Rover ketika pabrikan mobil asal Inggris ini memasuki masa-masa sulit di kancah persaingan global yang makin ketat. Lahir pada 2011, Evoque dengan cepat mengubah peruntungan Land Rover hingga akhirnya kembali sehat menyusul masuknya Tata Motors sebagai investor baru.

Secara global, Evoque terjual tak pernah kurang dari 100.000 unit per tahun, sebuah angka yang cukup besar bagi Land Rover. Bahkan proporsi bodi Evoque menjadi acuan bagi pabrikan mobil lain di seluruh dunia yang ingin bermain di segmen crossover.

Tak ingin bintang terang’ itu meredup, Land Rover masih mempertahankan ciri khas Evoque untuk model terbarunya yang diperkenalkan di London sebelum resmi meluncur tahun depan. Bedanya, New Evoque kini dibangun di atas platform baru bernama Premium Transverse Architecture, yang merupakan pengembangan dari arsitektur D8 yang dipakai pada Evoque generasi pertama.

Dengan platform anyar, dimensi New Evoque kini memiliki panjang total 172,1 inci, atau lebih panjang 0,6 inci dari versi lama, dengan wheelbase lebih melar 0,8 inci menjadi 105,6 inci. Land Rover mengklaim penambahan dimensi meski hanya sedikit, telah menambah lega ruang kaki di kursi belakang. Volume bagasi juga ikut bertambah menjadi 622,971 liter dengan kursi tetap terpasang, tapi untuk mengakses bagasi harus melalui pintu belakang.

Sekilas, jika melihat model baru ini, kita akan langsung teringat bahwa itu adalah Evoque. Secara keseluruhan, New Evoque terinspirasi dari konsep LRX, yang merupakan karya Julian Thompson, yang juga menggarap desain Jaguar F-type dan Lotus Elise. Untuk desain lampu depan dan belakang pada New Evoque mirip dengan milik Range Rover Velar, demikian juga dengan handel pintunya.

Desain kabin juga banyak kemiripan dengan model Range Rover lainnya, dengan tetap mengandalkan material berkualitas dan dijejali banyak teknologi canggih. New Evoque memiliki instrumen digital dan dua layar sentuh versi InControl Touch infotainment system. Untuk konsol tengah New Evoque berukuran lebih besar dari versi lama.

Ada dua opsi teknologi tinggi yang dibanggakan Land Rover dan sudah diterapkan pada New Evoque, yaitu sistem yang diberi nama ClearSight Ground View. Teknologi ini memanfaatkan kamera video yang diletakkan di gril dan spion luar untuk membuat rekanan video untuk memantau bagian depan dan bagian bawah kendaraan. Fitur ini sangat penting untuk mengarungi medan off-road dan juga untuk menghindari jalan jelek. Kemudian ada teknologi bernama ClearSight Rear View system, yang mengintegrasikan layar video di spion dalam. Sistem ini dapat diaktifkan ketika ada penumpang atau barang yang menghalangi pandangan pengemudi untuk melihat bagian luar kendaraan dari kaca belakang.

Dari sisi mekanis, New Evoque masih menggunakan suspension strut di depan dan multilink axle di belakang. Untuk dapur pacunya menggunakan mesin 2.0-liter turbocharged Ingenium gasoline four-cylinder. Ada dua versi tenaga mesin yang ditawarkan, yakni 246 dan 296 horsepower, dengan versi tenaga mesin lebih besar juga dilengkapi sistem hybrid 48 volt. Tenaga tersebut dialirkan melalui transmisi matik 9 percepatan dan disalurkan ke semua roda via all-wheel-drive system.

Sejauh ini, Land Rover belum merilis daftar harga untuk New Evoque. Jadi Anda perlu bersabar jika ingin meminangnya, karena model ini baru akan diluncurkan tahun depan. 

Sumber : dapurpacu.id

viewed :: 138
Berita Terkait Lainnya :