06 Desember 2018
GARASI MOTOR

Inikah Calon Motor Listrik Jaguar Land Rover?


Jaguar Land Rover (JLR) sepertinya akan lebih serius untuk elektrifikasi kendaraan. Bukan hanya kendaraan roda empat, sepeda motor listrik juga akan menjadi ‘mainan’ pabrikan asal Inggris ini di segmen kendaraan ramah lingkungan.

Hal itu tergambar dari keputusan JLR berinvestasi di perusahaan pembuat sepeda motor listrik asal Negeri Ratu Elizabeth bernama Arc melalui perusahaan investasi miliknya, InMotion Investment.

Arc sendiri memiliki ikatan emosional dengan JLR, karena perusahaan ini didirikan oleh mantan eksekutif Jaguar, Mark Truman. Model pertama Arc baru saja diluncurkan dengan nama Vector. Secara tampilan, Vector sangat futuristik dengan mengadopsi desain simpel nan keren.

Menggunakan struktur karbon komposit ringan dan bodi monokok untuk mengurangi bobot, namun tetap mantap melaju dalam kecepatan tinggi layaknya motor balap MotoGP.

Selain itu, Arc Vector menggunakan bahan serat karbon untuk lengan ayun depan dan belakang. Untuk damper memakai produk buatan Ohlins dan rem racikan Brembo. Dengan racikan seperti itu, Vector memiliki bobot 220 kg.

Tenaga Vector dipasok dari motor listrik terkini dan baterai, yang membuat motor ini sanggup berakselerasi menuju kecepatan 96 km/jam dalam waktu 3,1 detik sebelum mencapai kecepatan puncak di angka 193 km/jam.

Untuk daya jelajah Vector diklaim sejauh 320 km di perkotaan dan 193 km di jalan bebas hambatan atau ke luar kota. Hebatnya, Vector juga dirancang untuk beroperasi dengan dukungan helm canggih yang dilengkapi head up display.

Managing director InMotion Ventures, Sebastian Peck, mengatakan misi utama berinvestasi di Arc adalah memperluas cakupan bisnis Jaguar Land Rover di segmen mobilitas premium.

“Kami memahami kekuatan dari ikatan emosional dan menciptakan objek yang benar-benar disukai, jadi kami melihat ada sinergi alami dengan Arc. Vector adalah perkembangan luar biasa dalam perjalanan sepeda motor masa depan,” katanya.

Namun demikian, kita belum tahu apakah Vector akan menggunakan merek Jaguar atau Land Rover seiring dengan investasi tersebut. Tapi yang jelas, dengan keahlian Arc, maka tak tertutup kemungkinan produk berikut bakal mengacu pada desain keren Vector. 

Sumber : dapurpacu.id

viewed :: 144
Berita Terkait Lainnya :