06 Desember 2018
GARASI MOBIL

Mobil Listrik Pertama Mazda Bakal Dirilis 2020


Kehadiran All New Mazda3 memang menjanjikan efisiensi yang mumpuni dibandingkan generasi sebelumnya berkat disematkannya mesin Skyactiv-X. Kombinasi pengapian kompresi dan hibridisasi ringan menghasilkan efisiensi hingga 30%.

Namun, publik dunia semakin kritis untuk tidak sepenuhnya kepincut dengan iritnya Mazda3 model 2019 ini. Mereka tetap menginginkan sesuatu yang lebih efisien lagi, dan lebih ramah lingkungan.

Kabar angin tentang bakal dimunculkannya mobil listrik dari ‘perut’ pabrikan asal Hiroshima tersebut kian menggema, usai Autocar melaporkan bakal dirilis produk itu pada 2020 mendatang.

Tanpa menyebutkan asal-usul informasi ini, Autocar mengklaim bahwa sosoknya kelak tidak mengadopsi dari model-model yang sudah ada. Dengan kata lain, mobil ini benar-benar dibalut ‘jubah’ baru.

Jika hal itu benar berarti Mazda menjadi satu-satunya pabrikan yang menggelontorkan kendaraan bermesin listrik di tahun tersebut. Bahkan Ikuo Maeda, kepala desain Mazda menjamin mobil ini tidak akan terlihat terlalu ‘digital’.

Hal itu berarti desain khas terbaru Mazda, KODO – Soul Of Motion bakal disematkan. Disisi lain, Kepala desain Mazda Eropa Jo Stenuit, menjanjikan bahwa desain model EV ini tak akan terlihat kaku.

“Kami tidak menginginkan desain mobil listrik tersebut terlihat kaku seperti pabrikan lainnya,” ujar Stenuit, seperti dilansir laman Carscoop.

Dengan kata lain, Ikuo ingin desain mobil ini kelak tetap berbasiskan pada model-model yang sudah ada dan tidak dibumbui dengan atmosfer futuristik.

Prediksi pun berhembus, meski belum tahu kebenarannya, kendaraan listrik Mazda tersebut bakal ‘diselimuti’ SUV, yang didasari pada popularitas segmen tersebut saat ini.

Rancang bangun yang tinggi cukup menjanjikan untuk menempatkan baterai tepat di bawah lantai kabin, menjaga center of gravitasi serendah mungkin. Untuk daya jelajahnya yang lebih jauh, mesin rotor tunggal sebagai generator diyakini bakal dipasangkan.

Sebagai langkah ke depan, Mazda berencana untuk mempersiapkan mobil plug-in hybrid di tahun 2021. Selain itu, Mazda mengonfirmasi hadirnya mesin SkyActiv-D Gen 2, untuk menjawab keinginan konsumen pada mesin diesel.

Sekitar waktu itu, Konsep Co-Pilot juga akan disajikan kepada dunia. Teknologi penggerak otonom akan dibuat standar di kisaran tahun 2025.

Sumber : dapurpacu.id

viewed :: 134
Berita Terkait Lainnya :