05 Desember 2018
GARASI MOBIL

Jeep Gladiator 2020, Sang Petarung Yang Siap Melawan Siapapun


Los Angeles Auto Show 2018, dimanfaatkan Fiat Chrysler Automobiles (FCA) untuk mempertontonkan pickup ber-DNA jip, yakni Jeep Gladiator model 2020.

Sesuai namanya, Jeep Gladiator memiliki tampilan garang dan kekar, yang dibekali kemampuan untuk ‘bertarung’ di segala medan dengan kondisi ekstrem sekali pun. Kapabilitas itu memang sudah dimiliki model yang berbasiskan Jeep Rubicon ini, tapi ada kelebihan lain, yakni kemampuan membawa berbagai barang dan keperluan untuk melakukan petualangan ke kawasan hutan atau pegunungan.

Berbeda dengan Rubicon yang segala barang dapat disimpan di dalam bagasi yang menyatu dengan kabin, Jeep Gladiator memiliki bak di belakang untuk membawa barang, sehingga tidak mengganggu kenyamanan penumpang.


Di Amerika Serikat, Jeep Gladiator akan ditawarkan dalam empat varian, yaitu Sport, Sport S, Overland dan Rubicon. Untuk nama yang disebut terakhir akan difokuskan untuk keperluan off-road dan akan dibekali bodi aluminium dan shockbreaker Fox berdiameter 2 inci, sidebar panjang, dan tambahan bar (palang) di area bak belakang, serta ditopang ban perambah medan berlumpur Falken M/T 33 inci. Gladiator Rubicon juga ditawarkan dengan bumper baja sebagai opsional.

Pikup JT ini menggunakan kerangka 204 inci (5.181-mm), yang membuat model ini lebih panjang 31 inci (787 mm) dari Wrangler Unlimited. Gladiator juga dibekali wheelbase 137 inci (3.480 mm), atau lebih melar 19,4 inci (492 mm) dari wheelbase milik Wrangler model empat pintu. Tambahan panjang ini penting untuk mengakomodasi bak baja sepanjang 1.254 mm.

Meski berukuran bongsor, tapi Gladiator memiliki kemampuan off-road yang mumpuni. Pada varian Rubicon, model ini memiliki ground clearance 11,1 inci (282 mm), approach angle 43,6 derajat, breakover angle 20,3 derajat, dan departure angle 26 derajat.


Dibandingkan dengan Wrangler, Gladiator memiliki as roda, rem dan roda lebih besar dan suspensi dengan link arm belakang lebih rendah untuk memberikan kendali dan daya derek lebih baik. Untuk daya muatnya, Gladiator diklaim mampu mengangkut barang seberat 725 kg dan kemampuan derek hingga 3.470 kg.

Saat diluncurkan nanti, Jeep Gladiator akan mengusung mesin standar 3.6-liter V6 Pentastar bertenaga 285 hp dan torsi 260 lb-ft (352 Nm). Sedangkan untuk varian bermesin bensin akan disematkan girboks manual standar 6 percepatan atau opsional otomatis 8 percepatan dengan penggerak empat roda.

Untuk varian diesel akan dipasarkan pada 2020, tapi model itu hanya dibekali girboks otomatis. Tak banyak diungkap mengenai detail dapur pacunya. Tapi sepertinya akan menggendong mesin 3.0-liter EcoDiesel V6 yang juga dipakai oleh Grand Cherokee dan Ram 1500. Mesin tersebut diklaim memiliki tenaga 260 hp dan torsi 442 lb-ft (599 Nm).


Gladiator akan ditawarkan hanya dalam wujud pickup convertible, dengan dilengkapi atap hardtop yang bisa dilepas pasang, juga atap soft top yang juga bisa dilepas pasang. Yang unik, kaca depannya juga bisa direbahkan ke depan. 

Sumber : dapurpacu.id

viewed :: 146
Berita Terkait Lainnya :