09 November 2018
SPORTS MOBIL

NASCAR Cup Series: Harvick Dominan Di Texas


Kevin Harvick menyapu bersih balapan di Texas Motor Speedway, sekaligus memastikan satu tiket babak final di Homestead.

Start ketiga, Harvick memimpin 177 dari 337 lap yang diperlombakan sirkuit sepanjang 2,4 km. Juara Cup Series 2014 mendominasi sejak Stage 1, dan menahan pole sitter, Ryan Blaney, serta Joey Logano untuk menorehkan kemenangan kedelapannya tahun ini.

Jalannya balapan:
Start dari pole, Blaney mendominasi jalannya balapan sampai competition caution pada Lap 31, setelah itu Harvick memimpin balapan sampai Stage 1 usai, dan berlanjut sampai paruh awal Stage 2, ketika Harvick masuk pit pada Lap 133.

Pimpinan balapan diambil Logano selama 20 lap, sebelum akhirnya Harvick kembali mengakuisisi posisi teratas jelang berakhirnya Stage 2. Alur balapan sedikit berubah memasuki stage terakhir, trio Penske, Logano, Brad Keselowski, dan Blaney secara bergantian memimpin balapan.

Harvick sempat memimpin balapan selama beberapa lap sebelum masuk pit untuk terakhir kalinya pada Lap 282, yang diikuti pebalap lainnya. Pebalap Stewart-Haas Racing itu memiliki keunggulan lebih dari 4 detik dari Blaney, diikuti oleh Aric Almirola, Logano, dan Erik Jones.

Setelah beberapa caution, balapan kembali dimulai pada Lap 311, Blaney langsung mengambil tempat teratas. Namun, itu hanya berlangsung selama enam setelah Harvick mereput posisi pertama.

Dua lap tersisa, Joey Gase dan Daniel Suarez memicu bendera kuning dikibaskan. Alhasil, balapan memasuki masa overtime, Harvick menahan gempuran Blaney dan Logano untuk menorehkan kemenangan kedelapannya musim ini.

Tepat di belakang ketiganya menyusul Jones dan Kyle Larson mengisi tempat keempat dan kelima, mereka mengungguli empat pebalap Playoff. Yakni Chase Elliott, Kurt Busch, Almirola, dan Martin Truex Jr di posisi keenam hingga kesembilan, Austin Dillon melengkapi 10 besar.

Penampilan kurang menggigit dipertontonkan Kyle Busch, start dari posisi ke-10 juara regular season 2018 itu hanya finis ke-18, terpaut lebih dari lima detik atas Harvick. Namun, itu lebih baik dari Clint Bowyer yang tercecer di urutan ke-26, tertinggal tiga lap.

Dengan hasil ini, Logano dan Harvick telah memastikan satu tempat di babak Final Four, Homestead. Menyisakan satu balapan lagi di babak 8 besar, Kyle Busch (+28), dan Truex (25) berpeluang besar melenggang ke Homestead asal tidak tercecer, atau empat pebalap playoff lainnya tidak menang.

Sementara itu, Kurt Busch (-25) masih berpeluang meski jika menang, asal ia bisa menorehkan 25 poin lebih banyak dari Truex. Sedangkan Elliott (39), Almirola (-57), dan Bowyer (-73) tidak memiliki opsi lain kecuali menang jika masih ingin memperebutkan trofi NASCAR Cup Series di Homestead.

Jadi, siapa yang akan menemani Logano dan Harvick menuju Homestead? Jawaban ini akan terjawab setelah balapan di Phoenix (11/11) selesai.

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 143
Berita Terkait Lainnya :