07 Oktober 2018
HEADLINE MOTOR

Suzuki Akan Hentikan Penjualan Motor Terkencangnya


Hayabusa merupakan ikonik salah satu produk sepeda motor Suzuki yang cukup melegenda, terutama dari kekuatan mesin yang sangat gahar. Bahkan Suzuki pernah mengklaim tunggangannya ini sebagai motor tercepat.

Sayang kedigdayaan Suzuki Hayabusa harus segera punah, karena terkendala regulasi emisi yang tidak sesuai dengan aturan. Kondisi tersebut terkait motor Hayabusa belum memenuhi standar emisi yang ditetapkan negara Eropa yang saat ini mengharuskan sepeda motor memiliki emisi sesuai standar euro4.

Karena larangan tersebut, Suzuki akan menghentikan produksi Hayabusa dan menggantikan produk tersebut dengan nama barunya. Digadang Suzuki akan menggunakan nama pengganti Hayabusa dengan Katana.

Suzuki Katana sendiri merupakan sepeda motor yang cukup fenomenal dikalangan bikers, model ini dibekali mesin 2 stroke dengan kapasitas 500 Cc. Sepeda motor ini juga pernah digunakan pebalap Marco Lucchinelli dan Frano Uncini menjadi jawara dalam ajang balap internasional pada 1981 dan 1982.

Mengutip dari Visordown, berdasarkan aturan ‘derogation’ Suzuki masih diperbolehkan menjual Hayabusa dengan standar dibawah emisi euro4 selama dua tahun sejak 1 Januari 2017. Langkah tersebut diambil untuk membantu Suzuki menghabiskan stok produksi Hayabusa yang telah ada di pasaran.

Tak hanya Hayabusa, beberapa model moge lain dari Suzuki terkena aturan yang sama diantaranya Suzuki GSX-R600 dan GSX-R750. Kedua model tersebut diluar Hayabusa dipaksa untuk menghentikan penjualannya.

Sumber : news.okezone.com

viewed :: 1147
Berita Terkait Lainnya :