08 Oktober 2018
SPORTS MOBIL

Hamilton Rajai Suzuka, Vettel Tabrak Verstappen


Lewis Hamilton menyapu bersih semua sesi di Suzuka pekan ini setelah memenangi balapan Formula 1 GP Jepang, Minggu (7/10). Sebastian Vettel harus berjuang dari belakang setelah menabrak Max Verstappen.

Hamilton merengkuh kemenangannya yang keempat secara beruntun sejak GP Italia setelah menjuarai balapan di Suzuka. Membalap tanpa tekanan di mayoritas balapan, pebalap Inggris Raya itu unggul jaruh dari peraih peringkat kedua yakni rekan setimnya, Valtteri Bottas. Meski terkena hukuman penalti dan tertabrak Vettel di awal lomba, Max Verstappen masih bisa finis podium.

Tidak seperti pada dua hari sebelumnya, balapan berlangsung di bawah teriknya sinar matahari, dengan suhu udara mencapai 28 derajat Celsius dan suhu trek mencapai 39 derajat Celsius.

Ketika balapan dimulai, Sebastian Vettel langsung menyalip duo Toro Rosso di dua tikungan pertama dan kemudian melewati Romain Grosjean menjelang tikungan Spoon. Max Verstappen berusaha menahan serangan dari Kimi Raikkonen dan melakukan kesalahan saat mengerem di chicane terakhir.

Pebalap Red Bull itu melebar dan saat bergabung ke lintasan ia tidak memberi ruang pada Raikkonen yang terpaksa melindas rerumputan. Akibatnya laju Raikkonen melambat dan tersalip rekan setimnya yang naik ke posisi empat.

Setelah investigasi, steward menjatuhi penalti lima detik kepada Verstappen. "Apa?!.... jujur, saya sudah berusaha sebaik mungkin. Dia [Raikkonen] mencoba melewai saya dari sisi luar, seharusnya dia menunggu," kesal Verstappen mendengar keputusan steward.

Rombongan balapan merapat setelah Safety Car diterjunkan di lap ketiga akibat banyaknya serpihan yang terlepas dari mobil Kevin Magnussen. Dari tayangan ulang, Magnussen terlihat berpindah lajur untuk menutup manuver Charles Leclerc di trek lurus start-finis. Tapi pebalap Sauber itu tampak tidak menyangka dan menabrak bagian belakang mobil Haas.

Balapan kembali dilanjutkan, dan duo Mercedes masih memimpin, sementara di belakang, Vettel langsung menyerang Verstappen. Pebalap Jerman itu berusaha mengulangi manuver ambisius menjelang Spoon tapi kali ini justru berbuah bencana.

Vettel mengambil sisi dalam Verstappen dan keduanya bersenggolan. Mobil Verstappen sempat sedikit terpental ke udara tapi masih bisa kembali ke lintasan, namun Vettel kehilangan kendali dan melintir di area run-off. Akibatnya Vettel tercecer ke posisi belakang, dan mobil Ferrari SF71H yang ia kemudikan kehilangan sejumlah komponen bargeboard di sebelah kanan.

Setelah melaporkan kesulitan dengan kompon supersoft yang ia pakai sejak start, Raikkonen masuk ke pit untuk beralih ke medium pada lap ke-18.

Dengan pertarungan panas yang terjadi di belakang, Mercedes makin melenggang di depan. Usai melakukan pit stop di lap ke-25, Hamilton masih memimpin 4,5 detik di depan Bottas. Sementara Verstappen, yang sudah membayar penaltinya saat pit stop, berusaha mengejar selisih 10 detik dari Bottas di posisi ketiga.

Sejak tercecer ke rombongan belakang, Vettel terus berjuang dan satu per satu menyalip mobil hingga akhirnya kembali masuk enam besar di lap ke-35.

Periode Virtual Safety Car sempat diberlakukan menyusul tersingkirnya Charles Leclerc yang berhenti setelah melebar ke jebakan pasir di tikungan Degner pada lap ke-42.

Ketika balapan kembali berlangsung dalam kecepatan penuh, Verstappen memangkas jaraknya dari Bottas menjadi di bawah satu detik.

Meski sempat melebar dan memotong di chicane terakhir, pebalap Finlandia itu berhasil meredam serangan Verstappen dan mempertahankan posisinya hingga bendera finis dikibaskan.

Hamilton tidak tersaingi sejak awal pekan dan kembali menang di Suzuka, kali ini dengan keunggulan dominan 12 detik.

Start dari posisi ke-15, Daniel Ricciardo mampu bangkit untuk finis di urutan keempat, mengungguli Raikkonen yang menyelesaikan balapan di depan Vettel.

Sergio Perez menyalip Romain Grosjean sekaligus mengalahkan pebalap Perancis tersebut dalam perebutan posisi ketujuh.  Esteban Ocon menempati peringkat kesembilan di depan Carlos Sainz yang membuat patah hati para pendukung Honda setelah menyalip Pierre Gasly di penghujung balapan untuk mencuri poin terakhir.

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 123
Berita Terkait Lainnya :