14 September 2018
SPORTS MOBIL

Gronholm Diskusikan Comeback Ke WRC Dengan Toyota


Kampiun Reli Dunia dua kali, Marcus Gronholm, diprediksi akan kembali ke WRC bersama Toyota pada 2019.

Gronholm ditengarai akan mendiskusikan rencana balapan tunggal pada Reli Swedia bersama Team Principal Toyota, Tommi Makinen, beberapa pekan mendatang.

Kata sepakat hampir tercapai pada gelaran di Swedia musim ini. Bila jadi, balapan mendatang akan menjadi penampilan pertama Gronholm di WRC sejak 2010.

“Saya berumur 50 tahun ini. Akan jadi pengalaman berharga [kembali ke reli],” ujar Gronholm kepada Motorsport.com. “Saya lebih mending turun di Swedia daripada Finlandia.

“Di Finlandia, Anda harus sangat presisi melompati semua lompatan yang ada. Di Swedia, saya lebih bisa menikmati reli.

“Tahun ini akan fantastis di Swedia karena ada banyak salju. Dengan awal yang bagus, bukan tidak mungkin saya bisa kembali berlaga!”

Gronholm mengakui bahwa penampilan tunggalnya bukan menjadi salah satu daftar rencana Tommi. Namun, ia ingin berlaga di Swedia lagi.

Mantan pereli Peugeot tersebut pernah merasakan Yaris WRC lewat demonstrasi di stage penonton Harju tahun lalu, di mana ia tampil cukup kompetitif.

“[Di] Harju berjalan baik,” ungkap Gronholm. “Saya hanya sempat melakukan tes sepanjang lima kilometer, sebelum berlaga. Saya sebenarnya dekat dengan raihan waktu terbaik.

“Saya senang akan hal itu karena tidak tampil ngotot. Saya berpikir bahwa tidak mungkin meremukkan mobilnya Tommi.”

Makinen mengkonfirmasi ketertarikannya tentang rencana menurunkan pemenang Reli Swedia lima kali, Gronholm.

Musim ini sudah hampir tidak mungkin karena kesibukan tim, serta ketiadaan mobil.

“Kami akan berbincang lagi. Sudah ada lebih banyak sasis,” ujar Makinen kepada Motorsport.com.

“Akan luar biasa melihat seseorang seperti Marcus di mobil. Ia bisa menjadi sangat kencang, terutama di tempat seperti Swedia, tempat favoritnya.

“Dengan beberapa kali tes, ia akan kembali terbiasa. Kita nantikan kembalinya di reli setelah menang beberapa waktu lalu.

“Tahun lalu saat di stage Harju membawa mobil tes kami, ia mencetak waktu sangat kencang.

“Ia bisa saja menjadi pereli tercepat, andai memaksimalkan tenaga mobil ini.”

Gronholm pensiun sebagai kompetitor penuh WRC pada 2007, dengan menyabet gelar musim 2000 dan 2002. Terakhir, ia tampil sekali di Reli Swedia 2010 bersama tim privateer pengguna Ford.

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1122
Berita Terkait Lainnya :