10 Agustus 2018
HEADLINE MOBIL

Akhirnya Toyota-Isuzu Sepakat Pisah Ranjang


Bermula pada November 2006, Toyota dan Isuzu mengikat janji untuk bersama-sama mengembangkan dan membangun mesin diesel. Tak cuma itu, Toyota setuju untuk menguasai 5,89 persen saham di Isuzu.

Tapi menjelang memasuki masa 12 tahun kebersamaan, Toyota dan Isuzu sepakat untuk berpisah dalam hal kerjasama pengembangan mesin peminum solar seiring dengan semakin redupnya masa depan mesin temuan Rudolf Diesel itu di sejumlah negara Barat yang memiliki standar emisi ketat.

Dengan berpisahnya dua pabrikan itu, maka Toyota berencana melepas seluruh saham yang dimilikinya di Isuzu dalam waktu dekat.

Tapi meskipun sudah setuju ‘pisah ranjang’, kedua perusahaan otomotif Jepang itu masih ingin mempertahankan kemesraan mereka untuk menggarap proyek lain di masa mendatang, terutama untuk mengembangkan teknologi terkini.

“Seiring dengan perubahan pasar, kedua perusahaan sepakat untuk menangguhkan beberapa proyek yang dirancang sebelumnya. Dan dengan kecilnya kemajuan yang dicapai pada beberapa proyek kerjasama, maka Toyota dan Isuzu mengkaji ulang hubungan permodalan mengacu pada situasi bisnis saat ini,” kata Toyota dalam pernyataan resminya akhir pekan ini.

Kehadiran mobil listrik telah berperan dalam bubarnya proyek mesin diesel yang digarap Toyota dan Isuzu. Dan saat ini Toyota akan fokus pada pengembangan teknologi kendaraan komersial generasi baru bersama Hino Motors. Adapun Hino juga sudah berkolaborasi dengan divisi kendaraan komersial VW untuk mengembangkan dapur pacu berteknologi listrik dan teknologi pengemudian otonom. 

Sumber : www.dapurpacu.id

viewed :: 186
Berita Terkait Lainnya :