12 Juli 2018
HEADLINE MOBIL

Di Eropa Stasiun Pengisian Baterai Diserahkan Ke Swasta


Maraknya mobil ramah lingkungan tidak lepas dari berbagai dukungan Pemerintah dan ketersediaan infrastruktur penyedia tenaga listrik untuk kendaraan listrik. Setidaknya itulah yang membuat sukses mobil ramah lingkungan di Eropa.

Namun sebagai catatan, infrastruktur mobil listrik yang memadai tidak lepas dari peran perusahaan swasta yang dipercaya untuk memenuhi semua kebutuhan para pencinta mobil listrik. Setidaknya itu yang terjadi di 5 negara yang memiliki penjualan kendaraan ramah lingkungan terbanyak, seperti Belgia, Prancis, Jerman, Inggris dan Belanda.

Beruntung media bisa langsung menyambangi satu perusahaan swasta NewMotion di Amsterdam, Belanda, yang bertugas untuk menyediakan tempat pengisian baterai kendaraan ramah lingkungan di Belanda, Belgia, Prancis, Jerman dan Inggris.

Saat melihat pertama kali perusahaan ini, rasanya Indonesia perlu mencontoh sistem yang diterapkan Pemerintahan di berbagai negara Eropa ini. Yakni mempercayakan pihak ketiga untuk menyediakan infrastruktur, seperti alat pengisian baterai mobil ramah lingkungan.

"Mobil listrik (mobil ramah lingkungan) terus berkembang setiap tahunnya pada 5 negara, Belgia, Prancis, Jerman, Belanda, dan Inggris. Jika dipersentasikan sebanyak 40 persen pengguna kendaraan ramah lingkungan melakukan pengisian baterai di rumah, sebanyak 20 persen di jalanan (lokasi parkir), dan sebanyak 40 persen melakukan pengisian baterai di kantor," ujar Business Development Director NewMotion, Sander Ouwerkerk, di Amsterdam, Belanda.

NewMotion menawarkan berbagai kemudahan untuk para pemilik kendaraan listrik atau mobil ramah lingkungan lainnya, saat melakukan pengisian baterai. Karena NewMotion akan ikut menyediakan alat charger baik untuk rumah pribadi dan apartemen, atau bagi perusahaan yang ingin menyediakan alat pengisian baterai mobil listrik yang terselip pada Workplaces dan Housing Associations.

Tidak sampai di situ, berbagai kemudahan lain juga ditawarkan perusahaan swasta ini, seperti bisa membeli charge card atau melakukan pengisian melalui kartu yang bisa dibeli di mana saja lalu memasukkan nomor pada alat pengisian. Selain itu para pengguna mobil listrik juga bisa mendapatkan charge poin atau membangun alat pengisian baterai mobil listrik untuk di daerah bisnis. Dan NewMotion pun menyediakan Public Charge App, para pemilik kendaraan listrik pun akan menemukan 70.000 charger public di 25 negara di Eropa.

Lalu bagaimana NewMotion mendapatkan tenaga listriknya ya? Sander menjelaskan banyak cara untuk bisa mendapatkan pasokan tenaga listrik, di antaranya menggunakan solar energy, wind energy dan Transmission System Operator (TSO) seperti pembangkit listrik.

"Dan saat ini ada sekitar 116.000 pengguna yang terdaftar menggunakan pengisian baterai mobil listrik menggunakan kartu, lebih dari 15.100.000 yang telah menggunakan alat charger NewMotion," katanya.

"Untuk pengisian baterai rumahan standar mencapai hingga 3,7 kW, untuk Home Fast hingga 7,4 kW (up to 22 kW with 3-Phase Connection)," tambahnya.

Sumber : oto.detik.com

viewed :: 120
Berita Terkait Lainnya :